Jokowi Diminta Selesaikan Kemelut Kawasan Timur Tengah Selama di UEA

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Jumat, 10 Januari 2020
Jokowi Diminta Selesaikan Kemelut Kawasan Timur Tengah Selama di UEA
Presiden Jokowi berfoto bersama para peserta Rapat Kerja Kepala Perwakilan RI, di halaman Istana Merdeka, Jakarta. Kamis (9/1) pagi. (Foto: Agung/Humas/Setkab.go.id)

Merahputih.com - Presiden Joko Widodo bakal mengadakan kunjungan ke Uni Emirat Arab (UEA) untuk membahas sejumlah isu strategis.

Anggota Komisi I DPR Syaifullah Tamliha mengatakan, kunjungan Jokowu diharapkan tidak hanya sekedar kunjungan Kepala Negara Indonesia saja.

Baca Juga

Begini Cara Anies Antisipasi Banjir Rob di Pesisir Jakarta

"Melainkan juga sebagai Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB untuk menyelesaikan kemelut kawasan Timur Tengah yang sedang bergolak pasca terbunuhnya Mayjen Qosim Suleimani (Jenderal Garda Bangsa Iran) saat melakukan kunjungan kerja ke Irak," kata Syaifullah dalam keterangannya, Jumat (9/1).

Bila diperlukan, Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi dapat melakukan dialog dengan semua Menlu se-Timur Tengah untuk mencari solusi damai di kawasan itu pada khususnya.

Selain itu, kunjungan ke Kawasan Timur Tengah itu juga bisa dimanfaatkan untuk minimal mencairkan hubungan diplomatik antara Arab Saudi, UEA, Kuwait, Bahrain dan Mesir yang telah memblokade Qatar dalam 2 tahun terakhir

"Kunjungan kenegaraan ke UEA sangat penting agar dunia tetap menganggap Indonesia sebagai negara yang konsisten melaksanakan konstitusi negara untuk turut menertibkan keamanan dunia dan perdamaian abadi sebagaimana bunyi Pembukaan UUD NKRI 1945," kata Syaifullah.

Presiden Jokowi didampingi Wapres Ma'ruf Amin di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (9/1) siang. (Foto: JAY/Humas/setkab.go.id)

Sementara itu, Menlu Retno terus memantau kondisi keamanan di kawasan Timur Tengah jelang kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Uni Emirat Arab (UEA), pada 11-14 Januari mendatang. Retno menyebut keamanan Jokowi merupakan hal yang utama.

Kawasan Timur Tengah memanas usai Amerika Serikat membunuh jenderal Iran Mayor Jenderal Qasem Soleimani.

"Kami akan amati terus. Tentunya keamanan keselamatan bapak presiden nomor satu. Tetapi kami akan amati semuanya, dampaknya kami hitung, semuanya dengan sangat matang," kata Retno.

Retno menyatakan kunjungan Jokowi ke UEA ini terkait dengan rencana investasi. Pemerintah Indonesia bersama pemerintah UEA terus berkomunikasi untuk membahas kerja sama, baik antarpemerintah maupun sektor bisnis.

"Rencananya akan ada beberapa MoU yang akan ditandatangani, dari pihak bisnis yang paling banyak. Mereka sedang mempersiapkan kerja sama-kerja sama untuk dimatangkan sehingga bisa diselesaikan pada saat kunjungan Presiden ke UAE," ujarnya.

Baca Juga

Pengamat Kritik Pemprov DKI Tak Punya Niat untuk Mengatasi Banjir

Retno mengatakan selama di UEA, Jokowi dijadwalkan akan melakukan pertemuan dengan putra mahkota Putra Mahkota Mohammed bin Zayed dan juga menjadi pembicara kunci dalam Abu Dhabi Sustainable Week.

"Ini bicara mengenai masalah energi, mengenai sustainable development, sustainable energy dan lain-lain," tuturnya. (Knu)

#Presiden Jokowi #Timur Tengah
Bagikan
Bagikan