Jokowi Dijadwalkan Melakukan Peremajaan Sawit di Sumsel Presiden Jokowi saat di Pandeglang, Banten. (Biro Pers Setpres)

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo dijadwalkan datang pada kegiatan peremajaan kelapa sawit secara simbolis di lahan kebun rakyat, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan pada Kamis (12/10) besok.

"Program peremajaan kebun rakyat di Kabupaten Musi Banyuasin mendapat dukungan pemerintah pusat. Penanaman perdananya secara simbolis akan dilakukan Presiden Jokowi," kata Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex di Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin, Rabu (11/10).

Dia menjelaskan, program peremajaan kebun (replanting) seluas 4.446 hektare rencananya dilakukan secara simbolis di Desa Panca Tunggal, Kecamatan Sungai Lilin.

Upaya peremajaan kebun sawit di kabupaten ini menjadi perhatian pemerintah pusat karena kegiatan tersebut merupakan pertama kali dilakukan di Indonesia.

Peremajaan kebun rakyat tersebut pada tahap awal akan dilakukan di lahan milik petani sawit mandiri seluas 4.446 hektare.

"Kegiatan peremajaan kebun sawit milik petani mandiri di kabupaten ini diharapkan dapat berjalan dengan baik sehingga bisa dikembangkan lebih luas lagi," katanya.

Menurut dia, dalam kesempatan berkunjung ke Musi Banyuasin, Kepala Negara juga akan menyerahan bantuan secara langsung sebanyak 37 ton bibit jagung kepada petani.

Kemudian juga akan menyerahkan sertifikat tanah kepada warga setempat sebagai bukti hak kepemilikan tanah yang sah sehingga nantinya tidak bisa disengketakan oleh pihak manapun, ujar Dodi. (*)

Sumber: ANTARA



Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH