Jokowi Desak PBB Hentikan Agresi Israel ke Palestina

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 12 Mei 2021
Jokowi Desak PBB Hentikan Agresi Israel ke Palestina
Api dan asap membubung selama serangan udara Israel di tengah maraknya kekerasan Israel-Palestina, di Jalur Gaza selatan (11/5/2021). ANTARA FOTO/Ibraheem Abu Mustafa/aww.

MerahPutih.com - Agresi militer Israel ke jalur Gaza, Palestina yang menyebabkan jatuhnya korban jiwa mendapatkan kecaman dari berbagai pihak. Tak terkecuali Presiden Joko Widodo.

Kepala Negara menyampaikan posisi tegas Indonesia bahwa tindakan Israel mengusir warga Palestina dari Syekh Jarrah, Yerusalem Timur dan menyerang warga sipil Palestina di Masjid Al-Aqsa merupakan tindakan yang tidak dapat dibiarkan.

Baca Juga

[Hoaks atau Fakta]: Tentara Israel Tembaki Menara Masjid di Palestina

“Indonesia juga mengecam meluasnya ketegangan dan kekerasan khususnya di jalur Gaza yang menyebabkan puluhan korban jiwa warga sipil yang tidak berdosa,” kata Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi dalam keterangannya di Tangerang, Banten, Rabu (12/5).

Retno juga menegaskan Indonesia mengutuk tindakan tersebut dan mendesak Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) untuk mengambil langkah nyata terhadap pelanggaran yang terus dilakukan oleh Israel.

Menlu RI Retno LP Marsudi. (Foto: Dokumentasi BPMI Setpres)
Menlu RI Retno LP Marsudi. (Foto: Dokumentasi BPMI Setpres)

Ditegasnya Retno, Indonesia terus berusaha semaksimal mungkin di semua lini untuk membantu rakyat Palestina, termasuk di Committee on the Exercise of the Inalienable Rights of the Palestinian People (CEIRPP).

“Indonesia juga terus mendesak agar Dewan Keamanan PBB dapat mengambil langkah nyata menghentikan seluruh kekerasan dan menghadirkan keadilan dan perlindungan bagi Palestina,” ucapnya.

Tak hanya di PBB, Indonesia juga mengusulkan agar Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) dan Gerakan Non Blok (GNB) untuk dapat segera melakukan pertemuan khusus untuk membahas ini.

“Sudah terlalu lama hak-hak bangsa dan rakyat Palestina digerogoti oleh Israel. Indonesia akan terus bersama rakyat dan bangsa Palestina dalam memperjuangkan hak-haknya,” tegas Menlu. (Knu)

Baca Juga

Konflik Memanas, 35 Warga Palestina Meninggal

#Gaza #Jalur Gaza #Israel #Palestina #Konflik Palestina
Bagikan
Bagikan