Jokowi Dengarkan Khotbah 7 Pelajaran Kisah Nabi Ibrahim dan Ismail

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Kamis, 29 Juni 2023
Jokowi Dengarkan Khotbah 7 Pelajaran Kisah Nabi Ibrahim dan Ismail
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melaksanakan salat Idul Adha 1444 Hijriah di halaman Istana Kepresidenan Yogyakarta pada Kamis (29/6/2023). Foto: Sekretariat Presiden

MerahPutih.com - Khotbah salat Idul Adha 1444 Hijriah di halaman Istana Kepresidenan Yogyakarta pagi ini yang diikuti Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengangkat tema "Semangat Berkurban dan Ketaatan Nabi Ismail AS".

Adapun khotbah tersebut disampaikan Jauhar Mustofa. Salat Idul Adha itu sendiri dimulai Kamis (29/6) pagi, tepat pukul 06.30 WIB dipimpin imam Jauhar Mustofa, yang sehari-hari bertugas sebagai Kepala Bidang Urusan Agama Islam di Kantor Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta Kementerian Agama.

Dalam kesempatan yang dihadiri langsung Kepala Negara itu, Jauhar mengangkat tujuh pelajaran atau hikmah dari perayaan Idul Adha.

Baca Juga

Black Boss, Sapi Kurban Jokowi Disumbangkan ke Warga Tepus Gunungkidul

"Hikmah dari disyariatkannya Idul Adha dan berkurban yang dapat diambil dari kisah nabi Ibrahim dan Ismail dalam menjalankan perintah Allah adalah pertama menjaga totalitas dalam beribadah dan menjaga syariatnya, totalitas dalam menjalankan ketaatan dan menaati perintah Allah dan rasulnya," kata Jauhar, dilansir dari Antara.

Pelajaran kedua adalah menambah keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, menambah keyakinan dan rasa berserah diri kepada Allah SWT kepada takdir ketentuan Allah.

"Ketiga keyakinan kepada Allah SWT pasti akan mengganti harta yang kita gunakan untuk berkorban dengan yang lebih baik, lebih banyak dan lebih berkah. Keempat, berbagi dengan kaum duafa, masyarakat lingkungan dengan dilandasi bahwa segala sesuatu adalah milik Allah dan semua akan kembali kepada Allah sebagai pemberi rezeki dan kenikmatan," ungkap Jauhar.

Tangkap layar Presiden Joko Widodo melaksanakan salat Idul Adha 1444 Hijriah di halaman Istana Kepresidenan Yogyakarta pada Kamis (29/6/2023). (ANTARA/Desca Lidya Natalia)Caption

Pelajaran kelima yaitu, harta hanya titipan dan amanah dari Tuhan yang harus dijaga, dikelola, ditunaikan dengan sebaik-baiknya bagi kemaslahatan umat. Keenam, semua manusia sama di hadapan Allah SWT hanya kadar keimanan dan ketaatan yang membedakan satu dan lain.

"Ketujuh, adanya syariat haji, kewajiban haji dan berkurban bagi yang mampu secara materi fisik dan kesehatan adalah ketetapan rezeki dan rahmat karunia-Nya yang tak terhingga untuk menambah rasa syukur kita," tambah Jauhar.

Selesai menunaikan salat Idul Adha, Presiden Jokowi sempatkan menyapa jemaah di beberapa saf terdepan. Pada Idul Adha tahun ini, Presiden Jokowi juga menyerahkan 38 ekor sapi ke 38 provinsi dengan bobot bervariasi antara 900 kg - 1,2 ton. (*)

Baca Juga

Presiden Jokowi Kurban 9 Ekor Sapi di Solo

#Idul Adha #Jokowi #Breaking
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan