Jokowi dan Xi Jinping Berencana Naik Kereta Cepat Jakarta Bandung Sepanjang 15 Km

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Minggu, 02 Oktober 2022
Jokowi dan Xi Jinping Berencana Naik Kereta Cepat Jakarta Bandung Sepanjang 15 Km
Rangkaian kereta cepat penumpang Jakarta-Bandung di Tegalluar, Bandung, Jawa Barat pada Sabtu (1/10/2022). ANTARA/Aji Cakti

MerahPutih.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi Budi Karya melakukan kunjungan kerja ke Stasiun Padalarang dan Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung. Di Stasiun Tegalluar dirinya melihat kesiapan area stasiun kereta cepat.

Ia ingin memastikan kesiapan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) menjelang pelaksanaan showcase Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Baca Juga:

Catatan Kritis AHY Terkait Proyek IKN Nusantara dan Kereta Cepat

"Yang saya lakukan hari ini, Sabtu (1/10) adalah memastikan bahwa kunjungan Pak Presiden Indonesia Joko Widodo dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping bisa dilaksanakan dan apa yang sudah dipersiapkan oleh PT KCIC bisa berjalan dengan baik," ujar Budi Karya di Tegalluar, Bandung, Jawa Barat.

Presiden Direktur PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan bahwa Presiden Indonesia Joko Widodo dan Presiden Tiongkok Xi Jinping akan melihat langsung teknologi kereta CIT dalam gelaran showcase G20 nanti.

"Pada acara G20, Presiden Joko Widodo dan Presiden China Xi Jinping akan menggunakan Kereta CIT atau kereta inspeksi dan melihat langsung teknologi kereta CIT," ujar Dwiyana.

Selain itu, rombongan presiden nantinya akan melakukan perjalanan sepanjang 15 km dengan kecepatan sementara dibatasi sampai dengan 80 km/jam dari area Kopo, Bandung hingga Depo Tegalluar, Kabupaten Bandung.

"Gelaran G20 ini menjadi salah satu fokus kami saat ini. Di sisi lain kami juga terus melakukan percepatan pembangunan dan penyelesaian agar proyek KCJB ini bisa selesai sesuai dengan target," kata Dwiyana.

PT KCIC mengungkapkan bagian interior Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) mengusung kearifan lokal yang dimiliki oleh Indonesia.

Beberapa ornamen yang mungkin sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia, salah satunya adalah pada bagian cover tempat duduk kereta menggunakan motif megamendung.

Kemudian warna-warna yang dipilih sudah mencitrakan atau mewujudkan kearifan lokal, artinya warna-warna khas Indonesia.

Sedangkan untuk bagian eksteriornya, Kereta Cepat Jakarta-Bandung diidentikkan dengan hewan komodo sebagai hewan eksotis khas Indonesia. (*)

Baca Juga:

Progres Terkini Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

#Kereta Cepat #Kereta Cepat Jakarta-Bandung #Jokowi #Xi Jinping
Bagikan
Bagikan