Jokowi dan Presiden Hollande Sepakati Lima Kerjasama, di Antaranya Pariwisata

Luhung SaptoLuhung Sapto - Rabu, 29 Maret 2017
Jokowi dan Presiden Hollande Sepakati Lima Kerjasama, di Antaranya Pariwisata
Presiden Jokowi dan Presiden Prancis, Francois Hollande menyaksikan langsung penandatanganan kerjasama. (Foto Setkab/Agung)

Indonesia dan Prancis menandatangani kesepakatan kerjasama di bidang ekonomi dan maritim. Selain itu, kedua negara akan bekerjasama dalam lima bidang, yaitu pertahanan, pembangunan kota berkelanjutan, riset ilmiah teknologi dan inovasi, kemitraan di bidang riset, dan pariwisata.

Hal itu tertuang dalam kesepakatan antara Presiden Joko Widodo dan Presiden Prancis Francois Hollande.

“Indonesia-Prancis juga akan meningkatkan kerjasama kemitraan dalam dua bidang yang baru yaitu kerjasama di bidang maritim dan ekonomi kreatif,” kata Presiden Jokowi, sapaan akrab Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (29/3).

Setelah pertemuan bilateral delegasi kedua negara, dilakukan penandatanganan sejumlah nota kesepahaman antara Indonesia-Prancis. Pertama, penandatanganan perjanjian pernyataan kehendak tentang peningkatan kerjasama pertahanan antara Menteri Pertahanan Indonesia, Ryamizard Ryacudu dengan Menteri Pertahanan Perancis, Jean-Yves Le Drian.

Kedua, perjanjian kerja sama di bidang pembangunan perkotaan berkelanjutan antara Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basoeki Hadimoeljono, dengan Menteri Industri, Digitalisasi dan Inovasi Prancis, Christophe Sirugue.

Ketiga, persetujuan kerjasama riset ilmiah teknologi dan inovasi antara Menteri Ristek Dikti Indonesia, Muhammad Nasir dengan dengan Menteri Industri, Digitalisasi dan Inovasi Prancis, Christophe Sirugue.

Keempat, perjanjian pengaturan kemitraan Prancis-Indonesia Nusantara antara Menteri Ristek Dikti Indonesia, Muhammad Nasir dengan dengan Menteri Industri, Digitalisasi dan Inovasi Prancis, Christophe Sirugue.

Kelima, nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) tentang kerjasama bidang pariwisata, antara Menteri Pariwisata, Arif Yahya dengan Menteri Industri, Digitalisasi dan Inovasi Prancis, Christophe Sirugue.

Penandatanganan ini disaksikan langsung oleh Presiden Indonesia, Jokowi dan Presiden Prancis, Francois Hollande.

#Presiden Joko Widodo #Presiden Jokowi #Francois Hollande #Prancis
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan