Jokowi dan Ibu Negara Tanam Ribuan Rumput Vativer Pencegah Bajir dan Longsor di Wonogiri Presiden Jokowi dan Ibu Irana Jokowi melalukan kunjungan kerja di Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, Sabtu (15/2). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Presiden Jokowi dan Ibu Irana Jokowi melalukan kunjungan kerja di Dusun Tanduran, Desa Jatisari, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, Sabtu (15/2).

Kali ini kunjungan kerja didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi, Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Jokowi melakukan penanaman pohon dan rumput Vativer yang diyakini mampu mencegah banjir dan longsor.

Baca Juga

Lima Tempat Wisata Baru 'Instagramable' di Lereng Merapi

Mengenakan kemeja putih lengan panjang, saat melakukan kunjungan tersebut, Jokowi dan Iriana tiba dilokasi acara disambut meriah warga setempat.

Presiden Jokowi dan Ibu Irana Jokowi melalukan kunjungan kerja di Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, Sabtu (15/2). (MP/Ismail)
Presiden Jokowi dan Ibu Irana Jokowi melalukan kunjungan kerja di Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, Sabtu (15/2). (MP/Ismail)

Lokasi penanaman yang cukup becek dan licin tak menyurutkan niat Jokowi untuk menanam rumput Vativer. Bahkan, sesekali Jokowi nampak menggandeng tangan Iriana ketika sedang berjalan di lokasi penanaman. Usai menanam pohon dan rumput Jokowi langsung meninggalkan lokasi tanpa memberikan keterangan kepada awak media.

Baca Juga

Warga Tetap Beraktivitas Normal Pascaerupsi Merapi

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, mengatakan Presiden Jokowi melakukan kunjugan kerja di Wonogiri untuk melakukan penanaman 2.000 pohon. Melalui kegiatan ini, Presiden Jokowi sebagai komitmen untuk membangun pemahaman dan kesadaran masyarakat terkait pencegahan bencana.

"Sangat pentingnya menjaga lingkungan. Pak Jokowi menyarankan untuk memanfaatkan dan menjaga lahan kritis," kata Joko.

Ia mengatakan lahan kritis harus optimalkan dan berdayakan, dengan beberapa tanaman yang cocok seperti Vetiver dan beberapa pohon keras lainnya. Hal ini dilakukan untuk mencegah sedimentasi tanah, utamanya pada kawasan perairan

Baca Juga

Gunung Merapi Erupsi

Berita ini merupakan laporan Ismail Soli, kontributor merahputih.com untuk wilayah Solo dan sekitarnya. (*)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH