Jokowi Bolehkan Mudik Lebaran, Gibran Siapkan Event Syawalan

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 24 Maret 2022
Jokowi Bolehkan Mudik Lebaran, Gibran Siapkan Event Syawalan
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka membuka Musda Asita Jawa Tengah di Solo Hotel Paragon, Kamis (24/3). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo memastikan bahwa masyarakat diperbolehkan mudik pada Lebaran tahun 2022. Namun demikian, hanya yang sudah divaksin lengkap dan mendapat booster atau vaksinasi dosis ketiga yang boleh pulang ke kampung halaman.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan diperbolehkan mudik Lebaran, kata dia, akan berdampak bangkitnya wisata di Solo. Ia juga akan menyiapkan sejumlah event wisata pada Lebaran di antaranya pekan syawalan di Solo Zoo dan Bakdan Ing Balekambang.

Baca Juga

Boleh Mudik Lebaran, Kapolri Instruksikan Perbanyak Gerai Vaksinasi Booster

"Ini baru proses recovery ekonomi. Dengan dibolehkan mudik akan berpengaruh pada sektor ekonomi. Okupansi hotel trafiknya juga pasti naik," katanya usai pembukaan Musda Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Jateng di Solo Hotel Paragon, Kamis (24/3).

Ia mengingatkan kembali pada warga Solo yang belum vaksin booster untuk segera vaksin. Warga bisa datang ke puskesmas atau di pusat layanan vaksin milik Polresta Surakarta dan Kodim 0735/Surakarta.

"Vaksin booster di Solo saat ini baru 34 persen. Apalagi jadi syarat mudik. Jadi harus kita genjot," kata dia.

Baca Juga

Belum Vaksin Booster, Pemudik Wajib Bawa Hasil Tes Swab

Ia pun memberikan target pada Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo agar sebelum Lebaran vaksin booster bisa mencapai 70 persen. Dengan capaian tersebut, ia berharap kasus corona di Solo tidak naik usai Lebaran.

Wakil Ketua II Asita Jawa Tengah, Daryono menyambut positif diperbolehkan mudik Lebaran tahun ini. Ia pun berharap Lebaran jadi momentum untuk gelorakan pariwisata di Jateng.

"Kalau kondisi sekarang terus membaik akan berdampak baik pada wisatawan. Karena setelah Lebaran disusul libur panjang sekolah dan dilanjutkan libur Nataru," pungkas Daryono. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga

PSI Minta Anies Kebut Vaksinasi Booster Jelang Mudik Lebaran

#Gibran Rakabuming #Mudik Lebaran
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan