Jokowi Bisik-Bisik dengan Ketua Dewan Pers Bahas Vaksin Buat Wartawan

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Selasa, 09 Februari 2021
Jokowi Bisik-Bisik dengan Ketua Dewan Pers Bahas Vaksin Buat Wartawan
Presiden Joko Widodo menghadiri acara Puncak Peringatan Hari Pers Nasional Tahun 2021 dari Istana Negara, Jakarta, pada Selasa, 9 Februari 2021. Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr.

Merahputih.com - Presiden Joko Widodo mengungkapkan pemerintah telah menyiapkan sebanyak 5 ribu vaksin COVID-19 untuk para wartawan. Rencananya, vaksinasi awal untuk wartawan ini dilakukan akhir bulan Februari ini.

“Saya yakin banyak awak media yang sudah ingin divaksin tadi saya sudah bisik-bisik ke Prof Nuh (Ketua Dewan Pers), untuk awal nanti di akhir bulan Februari sampai awal Maret nanti,” ujar Jokowi dalam pidato Puncak Peringatan Hari Pers Nasional Tahun 2021 secara virtual dari Istana Negara, Jakarta, Selasa (9/2).

Baca Juga

Hadiri HPN 2021, Anies Minta Media Mainkan Peran dalam Perangi COVID-19

Presiden menjelaskan, sebanyak 5 ribu vaksin COVID-19 tersebut merupakan bagian dari 12 juta dosis yang akan dikeluarkan oleh PT Biofarma (Persero).

“Ini termasuk pertama, nanti begitu keluar dari Biofarma 12 juta (dosis) kita berikan 5.000 untuk awak media,” ujarnya.

Jokowi menjelaskan, saat ini pemerintah tengah fokus melakukan vaksinasi pada tenaga kesehatan. Selain itu, juga kepada petugas pelayanan publik dan pedagang pasar.

Presiden Joko Widodo saat menyampaikan sambutan pada acara "Soft Launching dan Public Lecture Golkar Institute" secara daring, Selasa (2/2/2021). (HO-Dok Biro Pers Istana)

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi mengungkapan dirinya menyadari bahwa industri pers, seperti sektor swasta lainnya, sedang menghadapi masalah.

Oleh karena itu, pemerintah berusaha meringankan industri media melalui sejumlah kebijakan. Pajak Penghasilan 21 telah dimasukan ke dalam daftar pajak yang ditanggung oleh pemerintah.

"Artinya, pajak dibayar oleh pemerintah dan berlaku sampai Juni 2021,” papar Jokowi.

Baca Juga

HPN 2021, Industri Media Diminta Berubah di Tengah Pandemi COVID-19

Pemerintah juga akan mengurangi PPh Badan, pembebasan PPh impor, dan percepatan restitusi. “Ini juga sampai Juni 2021,” jelasnya. (Knu)

#Presiden Jokowi #Hari Pers Nasional
Bagikan
Bagikan