Jokowi Bersyukur Indonesia Masuk Negara Berpenghasilan Menengah Atas Presiden Jokowi . (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Bank Dunia menempatkan Indonesia menjadi kategori negara berpendapatan menengah atasdari sebelumnya menengah bawah. Saat ini gross national income perkapita Indonesia naik menjadi 4.050 dolar AS dari posisi sebelumnya 3.840 dolar AS.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersyukur atas status baru tersebut dan jadikan sebagai sebuah peluang untuk kemanjuan negara serta keluar dari middle income trap.

Kementerian Keuangan menyebutkan, kenaikan status Indonesia dari negara berpendapatan menengah ke bawah menjadi negara berpendapatan menengah ke atas merupakan buah kerja keras pemerintah dan masyarakat dalam mendorong ekonomi.

Baca Juga:

Gerebek Diskotek Top One Pelanggar PSBB, Satpol PP Kesulitan Amankan Pengunjung

Kemenkeu menyatakan kenaikan status tersebut merupakan sebuah prestasi membanggakan di tengah upaya pemerintah dan masyarakat berjuang mengatasi dampak pandemi COVID-19 dan melakukan pemulihan ekonomi nasional.

Tak hanya itu, kenaikan status menjadi negara berpendapatan menengah ke atas juga merupakan bukti atas ketahanan ekonomi Indonesia serta kesinambungan pertumbuhan yang selalu terjaga dalam beberapa tahun terakhir.

Menurut Kemenkeu kepercayaan serta persepsi investor, mitra dagang, mitra bilateral, dan mitra pembangunan atas ketahanan ekonomi Indonesia akan lebih kuat seiring dengan peningkatan status ini bisa meningkatkan investasi, memperbaiki kinerja current account, mendorong daya saing ekonomi, dan memperkuat dukungan pembiayaan.

Baca Juga:

Ini Kasus yang Membuat Bupati Kutai Timur Kena OTT KPK

Kredit : ponco


Alwan Ridha Ramdani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH