Jokowi Bermain Sepakbola Bersama Talenta Papua Football Academy

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Rabu, 31 Agustus 2022
Jokowi Bermain Sepakbola Bersama Talenta Papua Football Academy
Presiden Joko Widodo bermain sepakbola bersama talenta Papua Football Academy di Stadion Lukas Enembe, Papua, Rabu (31/8/2022). (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden)

MerahPutih.com - Hari ini, Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo mengawali agenda kerjanya di Papua pada Rabu (31/8) dengan meluncurkan Papua Football Academy (PFA) di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura.

Presiden Joko Widodo ikut bermain sepakbola bersama para talenta Papua Football Academy. Ia terlihat ikut mengoper bola.

Baca Juga:

Rangkaian Kerja Jokowi di Papua

"Saya berharap anak-anak di Papua Football Academy memanfaatkan dengan baik kesempatan yang telah diberikan untuk menimba ilmu di bidang sepakbola ini," kata Jokowi dalam peresmian tersebut.

Presiden menilai, Papua sebagai Provinsi Olahraga memiliki sejumlah talenta di bidang olahraga, tidak hanya sepakbola, melainkan juga atletik hingga dayung.

Ia mengatakan, dengan pembinaan sejak dini melalui Papua Footbal Academy (PFA), para remaja dari usia 12 tahun berkesempatan untuk masuk tim U-14, U-16 hingga elit persepakbolaan baik sebagai Tim Nasional Indonesia maupun tim sepakbola dunia.

Presiden menekankan, pendidikan sepakbola sejak dini tidak akan meninggalkan pendidikan formal.

"Disiapkan juga pendidikan formalnya sehingga tetap sekolah. Yang kita harapkan nanti akan menjadi pemain-pemain bola yang memiliki jiwa percaya diri yang kuat, karakter yang kuat, yang kompetitif, yang sportif, tapi juga pandai dan pintar," kata Presiden.

Direktur PFA Wolfgang Pikal menjelaskan, pelatihan dalam akademi disusun dengan pertimbangan sains olahraga secara menyeluruh meliputi aspek teknis sepak bola, analisis, nutrisi, psikologi dalam olahraga, fisiologi, dan penanganan cedera.

"Sekolah formal dan kursus keterampilan merupakan salah satu faktor penilaian bagi perkembangan siswa serta dibawakan dengan cara pengajaran yang kreatif dan inovatif," katanya.

Untuk tahun pertama PFA, sebanyak 30 putra Papua terpilih dari tota pendaftar 477 orang di mana tahapan seleksi pencarian bakat dilakukan secara kompetitif dan transparan di tiga kota yakni Timika, Merauke dan Jayapura pada Juni 2022.

Seluruh siswa mendapatkan beasiswa penuh untuk belajar sepak bola selama dua tahun dan tinggal di asrama yang dikelola secara profesional di Mimika Sports Complex yang dibangun PT Freeport Indonesia.

Setelah meninjau sekolah sepak bola, Presiden Jokowi akan menuju Kantor Pos Cabang Sentani Kabupaten Jayapura untuk menyerahkan sejumlah bantuan sosial.

Bantuan sosial juga akan diserahkan oleh Kepala Negara di Pasar Kampung Doyo Baru, Kabupaten Jayapura. Setelahnya, Presiden dijadwalkan untuk meninjau Rumah Sehat Kampung Doyo Baru, Kabupaten Jayapura.

Selepas itu, Presiden akan menuju GOR Toware (HMS), Kabupaten Jayapura, untuk menyerahkan Nomor Induk Berusaha (NIB) pelaku usaha mikro kecil (UMK) perseorangan.

Pada siang hari, Presiden Jokowi dan rombongan akan menuju Bandara Internasional Sentani untuk lepas landas menuju Bandara Internasional Mozes Kilangin Timika, Kabupaten Mimika. (Knu)

Baca Juga:

Jokowi Dijadwalkan akan Resmikan Rumah Sehat Korban Banjir Sentani

#Papua #Jokowi
Bagikan
Bagikan