Jokowi Berikan Masukan ke Megawati Soal Capres 2024

Zulfikar SyZulfikar Sy - Senin, 20 Maret 2023
Jokowi Berikan Masukan ke Megawati Soal Capres 2024
Presiden kelima RI yang juga Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (18/3/2023). ANTARA/HO-PDI Perjuangan

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo mengungkap isi pertemuannya dengan Presiden ke-5 RI sekaligus Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan beberapa petinggi partai tersebut.

Pertemuan itu berlangsung di Istana Merdeka Jakarta, Sabtu (18/3) lalu.

Jokowi menyatakan, pertemuan dengan Megawati salah satunya membahas mengenai calon presiden untuk Pemilu 2024 mendatang.

Baca Juga:

Jokowi Belum Putuskan Menpora Baru meski Airlangga Sudah Setor Nama

"Ya itu kira-kira, mengenai 2024," ujar Jokowi usai acara penghargaan PPKM Award 2023 di Gedung Dhanapala Kemenkeu, Jakarta Pusat, Senin (20/3).

Jokowi tak mau buka suara soal siapa capres yang didukung oleh PDI Perjuangan pada Pemilu 2024.

Menurutnya, informasi tersebut Megawatilah yang lebih berwenang mengumumkan.

"Calonnya (capres) tanya Bu Mega. Yang jelas saya memberikan pandangan-pandangan dari angka-angka yang kita miliki dan dari data yang kita miliki," jelas Jokowi.

Baca Juga:

Jokowi Klaim Indonesia Berhasil Atasi COVID-19 Ketimbang Negara Lain

Menurut Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto yang ikut dalam pertemuan itu, mereka membahas hal-hal yang strategis dan serius.

Di antaranya soal problematika bangsa saat ini, dinamika politik, serta pilpres dan tahapan-tahapannya yang pasti akan dilaksanakan.

Terkait bakal calon presiden-wakil presiden yang akan diusung PDIP, Hasto menyampaikan masih ada waktu bagi partai untuk menentukannya sebelum tiba tahapan pendaftaran capres-cawapres pada September mendatang.

Ia memastikan, Megawati sebagai penentu keputusan di PDIP akan mengambil keputusan yang tepat.

Hasto menekankan, bakal capres akan berasal dari internal partai atau kader partai sendiri.

Hal tersebut merupakan amanat dari Megawati, selain juga sebagai bentuk komitmen dari PDIP bahwa pemimpin harus lahir dari proses kaderisasi atau penggemblengan. (Knu)

Baca Juga:

Makna Sayur Lodeh di Tengah Pertemuan Presiden Jokowi dan Megawati

#Presiden Jokowi #Megawati Soekarnoputri
Bagikan
Bagikan