Jokowi Beri Peringatan dalam Pembebasan Pilot Susi Air dari Tangan KKB

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 21 Maret 2023
Jokowi Beri Peringatan dalam Pembebasan Pilot Susi Air dari Tangan KKB
Dokumentasi - Pilot Philip Mark Mahrtens yang disandera KKB sejak tanggal 7 Pebruari. ANTARA/HO-Dokumen Pribadi

MerahPutih.com - Belum dibebaskannya Pilot Susi Air, Kapten Philips, dari tangan KKB pimpinan Egianus Kogoya membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) bereaksi.

Ia meminta semua pihak untuk mengutamakan keselamatan dan kehati-hatian dalam evakuasi pilot asal Selandia Baru itu.

Jokowi sudah menginstruksikan hal tersebut kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

Baca Juga:

Kata Kapolri-Panglima TNI Pilot Susi Air Sebulan Lebih dalam Penyanderaan KKB

Usai tiba di Papua pada Senin malam (20/3), Jokowi menggelar rapat terbatas dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono untuk berhati-hati mengambil langkah.

"Tadi malam kami rapat internal, salah satunya bahas itu, yang paling penting dengan penuh kehati-hatian agar keselamatan jadi utama," ujar Jokowi usai meresmikan Papua Youth Creative Hub di Jayapura, Selasa (21/3).

Jokowi menyebut dalam rapat terbatas tersebut, TNI Polri akan lebih terintegrasi untuk memastikan keamanan di wilayah tersebut.

TNI Polri akan mengawal kebijakan pemerintah, baik dalam meningkatkan kesejahteraan wilayah Papua di sisi pembangunan, maupun di sisi keamanan.

Baca Juga:

BNPT Sebut Penyanderaan Pilot Susi Air oleh KKB sebagai Aksi Terorisme

Hingga kini, tim gabungan TNI Polri terus melakukan pencarian keberadaan Kapten Philip di wilayah Nduga, Papua dan sekitarnya. Saat ini, operasi dikembangkan ke wilayah lainnya.

Selain itu, hasil investigasi ditemukan KKB di Yahukimo ada yang merupakan pecahan dari pasukan Egianus Kogoya. Kelompok ini sengaja memutarbalikkan fakta dan memprovokasi.

Sementara itu, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengatakan, pasukannya bersama Polri tetap bergerak hati-hati menindak KKB dalam operasi penyelamatan Philip.

Ia menjelaskan, banyak pertimbangan agar TNI tidak serta-merta mengeksekusi operasi penyelamatan, antara lain keselamatan warga sipil, Kapten Philips, dan kondisi medan maupun cuaca.

“Kita tetap menjaga supaya masyarakat sipil tidak terlibat, tidak kena," tutur Yudo. (Knu)

Baca Juga:

Perkembangan Pembebasan Pilot Susi Air Setelah Berpekan-pekan Disandera KKB

#Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) #Susi Air #Presiden Jokowi
Bagikan
Bagikan