Jokowi Berharap Prabowo-Sandi Hadir dalam Acara Pelantikannya Ketua KPU Arief Budiman (kiri) menyerahkan surat keputusan KPU tentang Penetapan Hasil Pemilu 2019 kepada Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024, Jokowi-Ma'ruf Amin (kanan) di gedung

MerahPutih.Com - Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) mengaku belum tahu kapan bisa bertemu dengan pasangan capres dan cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Meski demikian, Jokowi berharap paslon yang diusung Koalisi Indonesia Adil Makmur itu bisa datang di acara pelantikannya sebagai presiden.

Pelantikan Jokowi dan Ma'ruf Amin sebagai presiden-wakil presiden periode 2019-2024 akan digelar pada 20 Oktober 2019. Pelantikan tersebut akan dilaksanakan dalam forum sidang MPR.

"‎Saya dan Pak Kiai Ma'ruf Amin akan sangat berbahagia apabila Pak Prabowo dan Pak Sandiaga datang dalam pelantikan yang akan datang,"kata Jokowi usai ditetapkan sebagai presiden terpilih di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Minggu (30/6).

Sebelumnya ‎Jokowi juga sempat meminta Prabowo-Sandi untuk bersama-sama membangun bangsa Indonesia. Menurut kader PDI Perjuangan ini Indonesia adalah negara besar, sehingga tidak bisa dibangun hanya dengan satu atau sekelompok orang.

Presiden dan Wapres Terpilih Jokowi-Ma'ruf Amin
Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin, presiden dan wapres terpilih (Foto: antaranews)

"Oleh karena itu saya mengajak Pak Prabowo Subianto dan Pak Sandiaga Uno untuk bersama-sama membangun negara ini," ujar Jokowi.

Diketahui, KPU resmi menetapkan Jokowi dan Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024. Penetapan tersebut diambil melalui rapat pleno terbuka di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat.

BACA JUGA: Waketum Gerindra Tuding Ada Upaya Adu Domba Prabowo dengan Jokowi

Soal Rekonsiliasi, Jokowi Lempar Bola ke Prabowo

Pleno ini digelar tiga hari pasca sidang putusan sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK). MK memutuskan menolak seluruh gugatan yang diajukan oleh pasangan capres dan cawapres 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Dengan demikian, Jokowi akan menjabat sebagai presiden untuk kedua kalinya.

Dalam penetapan ini, KPU mengundang dua pasangan calon dan kementerian/lembaga. Namun, hanya Jokowi-Ma'ruf yang hadir di penetapan ini. Sementara itu Prabowo-Sandi tak hadir. Menteri Kabinet Kerja dan pimpinan parpol turut menghadiri penetapan ini.(Pon)

Kredit : ponco


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH