Jokowi Bakal Pidato Kenegaraan, Ini Rekayasa Arus Lalu Lintas di Seputar DPR/MPR Ilustrasi - Mobil polisi terparkir melintang saat pengalihan arus lalu lintas di kawasan Gatot Subroto, Jakarta, Senin (30/09/2019). ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww

MerahPutih.com - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya telah merekayasa lalu lintas di sekitar Kompleks Parlemen Senayan.

Ini sebagai bentuk pengamanan pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo pada Sidang Tahunan DPR/MPR RI 2020, Jumat (14/8).

Baca Juga:

MPR Siap Gelar Sidang Tahunan 2020

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, rekayasa lalu lintas tersebut bersifat situasional.

"Rekayasa arus lalu lintas besok (hari ini) di sekitar gedung DPR/MPR sifatnya situasional," kata Sambodo kepada wartawan, Kamis (13/8).

Ia pun mengimbau kepada para pengendara kendaraan bermotor agar menghindari jalur di sekitar gedung DPR/MPR.

Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato pada Sidang Tahunan MPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/pras.
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato pada Sidang Tahunan MPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/pras.

Berikut rekayasa lalu lintas yang akan diterapkan di sekitar gedung DPR/MPR:

1. Arus lalu lintas dari Jalan Gatot Subroto ke arah gedung DPR/MPR RI dibelokkan ke kiri menuju Jalan Gerbang Pemuda

2. Arus lalu lintas dari Jalan Gerbang Pemuda ke arah Jalan Gatot Subroto diputarbalik di bawah jalan layang Farmasi ke Jalan Gerbang Pemuda

3. Arus lalu lintas dari tol dalam kota yang akan keluar di off-ramp Pulo Dua akan diluruskan ke arah Tol Tomang

4. Arus lalu lintas dari Jalan Palmerah Timur ke arah Jalan Gelora diluruskan menuju Jalan Tentara Pelajar

5. Arus lalu lintas dari Jalan Asia Afrika ke arah Jalan Gelora dibelokkan ke kanan menuju Jalan Gerbang Pemuda

6. Arus lalu lintas dari Jalan Gerbang Pemuda ke arah Jalan Gelora dibelokkan ke kiri menuju Jalan Asia Afrika.

Kepala Biro Humas Sekretaris Jenderal MPR Siti Fauziah menguraikan susunan acara kegiatan Sidang Tahunan MPR pada Jumat (14/8) yaitu pukul 08.58-09.00 WIB, Presiden, Wakil Presiden, Ketua MPR, Ketua DPD, dan Ketua DPD, memasuki ruang sidang paripurna, di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen.

Setelah semua memasuki ruang sidang, tepat pukul 09.00 - 09.05, semua yang ada di ruang sidang paripurna menyanyikan lagu Indonesia Raya.

"Selepas menyanyikan lagu kebangsaan, selanjutnya tepat pukul 09.05 hingga 09.08, Ketua MPR memimpin mengheningkan cipta," kata Siti Fauziah dalam keterangannya.

Acara selanjutnya adalah pembukaan Sidang Tahunan MPR dan sidang bersama DPR dan DPD tahun 2020 sekaligus pidato pengantar Sidang Tahunan MPR Tahun 2020 oleh Ketua MPR pukul 09.08-09.28 WIB.

Selepas pengantar Sidang Tahunan MPR, pukul 09.28-09.48 WIB dilanjutkan dengan pidato pengantar Sidang Bersama DPR dan DPD oleh Ketua DPR.

Baca Juga:

Ini Agenda Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD 2020

Siti menjelaskan, usai Ketua DPR memberi pengantar, pada pukul 09.48 hingga 10.48 WIB sidang dilanjutkan dengan pidato Presiden dalam rangka Penyampaian Laporan Kinerja Lembaga-Lembaga Negara dan Pidato dalam rangka HUT ke-75 Kemerdekaan RI.

"Sebagai bangsa yang selalu bersyukur dan berharap pada Tuhan yang Maha Esa, usai pidato Presiden, dilanjutkan dengan doa. Doa dilakukan oleh Imam Besar Masjid Istiqlal, doa yang dipanjatkan dijadwalkan pukul 10.48-10.54 WIB," ujarnya.

Setelah itu sidang ditutup oleh Ketua DPR pada pukul 10.54 – 10.59 WIB, sebelum meninggalkan ruang sidang seluruh peserta menyanyikan kembali Lagu Kebangsaan Indonesia Raya pada pukul 10.59-11.04 WIB.

"Setelah itu Presiden, Wakil Presiden, Ketua MPR, Ketua DPR, dan Ketua DPD meninggalkan Ruang Sidang Paripurna," katanya. (Knu)

Baca Juga:

Tetap Gelar Upacara 17 Agustus, Pemprov DKI Batasi Tamu


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH