Jokowi Bahas Investasi Exxon USD 15 Miliar di San Fransisco

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Kamis, 16 November 2023
Jokowi Bahas Investasi Exxon USD 15 Miliar di San Fransisco
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menerima Chairman Exxon Mobil Corporation Darren Woods di San Francisco, Amerika Serikat, Rabu (15/11/2023). (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar pertemuan bisnis di San Fransisco, Amerika Serikat, Rabu (15/11) waktu setempat.

Salah satunya, Jokowi bertemu dengan Chairman Exxon Mobil Corporation Darren Woods, membahas mengenai rencana investasi hingga USD 15 miliar dari perusahaan migas global tersebut ke Indonesia.

Baca Juga:

Le Minerale Bantah Ada Operasional dan Investasi di Israel

Investasi tersebut adalah untuk pembangunan kilang petrokimia hijau dan teknologi penyimpanan dan penangkapan karbon (Carbon Capture Storage/CSS).

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan, fasilitas CSS dari Exxon akan menjadi terbesar di Asia Tenggara dan kompleks petrokimia menjadi salah satu yang tercanggih di dunia.

"Saya senang mendengar bahwa fasilitas CCS akan jadi terbesar di Asia Tenggara dan kompleks petrokimia Exxon akan jadi salah 1 yang tercanggih di dunia," ujarnya.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjelaskan, kilang petrokimia hijau yang akan dibangun Exxon akan menjadi salah satu yang tercanggih di dunia.

Karena itu, kata Retno, Presiden Jokowi terus mendorong realisasi investasi Exxon Mobil Corporation Woods yang sebesar USD 15 miliar.

"Presiden Jokowi juga mengundang Exxon Mobil untuk berinvestasi di bidang energi baru dan terbarukan dan juga pembangunan infrastruktur hijau, termasuk di IKN Nusantara," kata Retno.

Baca Juga:

Waktunya Ubah Properti Menjadi Investasi

#Investasi #Ekonomi Indonesia #Pemulihan Ekonomi
Bagikan
Bagikan