Jokowi Akui Pernah Grogi dan Takut saat Dipanggil Bawaslu

Andika PratamaAndika Pratama - Sabtu, 17 Desember 2022
Jokowi Akui Pernah Grogi dan Takut saat Dipanggil Bawaslu
Presiden RI Joko Widodo menyambut anggota Bawaslu pada acara Konsolidasi Nasional Bawaslu 2022 di Jakarta, Sabtu (17-12-2022). ANTARA/Mentari Dwi Gayati

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) untuk berhati-hati dalam gelaran Pemilihan Umum (Pemilu).

Kepala Negara mengatakan Bawaslu merupakan lembaga yang memang ditakuti dan disegani oleh setiap peserta pemilu.

Baca Juga

Jokowi Ingatkan Bawaslu soal Politik Identitas dan Politisasi Agama Jelang Pemilu 2024

Ia bercerita pernah dipanggil Bawaslu ketika berkontestasi di Pilkada DKI Jakarta untuk menjadi Gubernur DKI Jakarta periode 2012—2016. Jokowi pun mengaku sangat grogi ketika dipanggil Bawaslu saat itu.

"Saya tidak mengerti kesalahan apa dipanggil. Sebelum mendatangi Bawaslu, saya betul-betul grogi betul saat itu," ucap Jokowi saat menghadiri Konsolidasi Nasional Bawaslu di Jakarta, Sabtu (17/12).

Bekas Wali Kota Solo ini juga mengaku takut ketika dipanggil Bawaslu saat itu.

"Karena saya pernah merasakan, saya ngomong ini karena pernah merasakan dipanggil dan saya takut betul saat itu," ujarnya.

Baca Juga

Bawaslu Sebut Anies Terkesan Curi Start Kampanye, Sekjen PDIP Sentil soal Etika

Jokowi yakin siapa pun capres, cawapres, hingga calon gubernur yang dipanggil pasti grogi. Apalagi, jika Bawaslu sudah memberikan peringatan terakhir kepada peserta pemilu yang melakukan pelanggaran.

"Siapa pun capres, cawapres, cagub (calon gubernur), cawagub (calon wakil gubernur) semuanya kalau Bapak/Ibu panggil itu, percaya saya, grogi," ucap Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi meminta agar Bawaslu tidak hanya berhenti pada pengawasan teknis pelaksanaan tahapan pemilu. Namun, Bawaslu juga perlu memiliki indeks kerawanan pemilu.

Presiden Jokowi juga berpesan agar Bawaslu tidak hanya fokus pada penindakan pelanggaran pemilu, tetapi juga meningkatkan upaya pencegahan.

Bawaslu, kata Presiden, harus mencegah sejak dini terjadinya benturan sosial yang dapat disebabkan oleh kegiatan pemilu.

"Gesekan sekecil apa pun segera selesaikan saat itu juga jangan tunggu membesar," pungkasnya. (Knu)

Baca Juga

Bawaslu Ingatkan Larangan Berpolitik Praktis di Tempat Ibadah

#Presiden Jokowi #Presiden Joko Widodo #Bawaslu #Pilpres #Pemilu
Bagikan
Bagikan