Jokowi Ajak Warga Jaga Semangat Gotong Royong saat Rayakan Imlek Nasional

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Minggu, 29 Januari 2023
Jokowi Ajak Warga Jaga Semangat Gotong Royong saat Rayakan Imlek Nasional
Presiden Joko Widodo. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo membukaan Perayaan Imlek Nasional 2023 didampingi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Teten Masduki, Menteri BUMN Erick Thohir, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, dan Presiden RI kelima Megawati Seokarnoputri.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengajak, masyarakat untuk kembali bekerja keras setelah memasuki masa transisi dari pandemi COVID-19.

Baca Juga:

Rayakan Imlek Nasional, Jokowi Ungkap Potensi Ekonomi Minus 17 Persen

"Karena situasi sudah normal seperti sekarang ini, saya mengajak kita semuanya untuk bekerja keras, bangkit, optimis untuk mengejar ketertinggalan-ketertinggalan kita," kata Jokowi.

Semangat bekerja keras tersebut, perlu dijaga, meskipun kondisi perekonomian Indonesia sudah tumbuh sangat baik pada tahun 2022 lalu.

"Kuartal III (2022) kemarin (pertumbuhan ekonomi) di angka 5,72 persen, inlasi juga terkendali di angka 5,5 persen. Perkiraan saya pertumbuhan ekonomi year on year berada di angka 5,3 (persen)," ujarnya.

Situasi itu, lanjut dia, patut disyukuri sebab relatif berada di level terbaik apabila dibandingkan dengan negara-negara anggota G20.

"Seingat saya kalau enggak nomor satu, ya nomor dua kita, di antara negara-negara besar," kata Jokowi.

Presiden mengingatkan, kerja keras itu harus dibarengi dengan semangat gotong royong yang disebutnya telah membantu masyarakat Indonesia selamat dari ancaman dampak pandemi COVID-19.

Kepala Negara menegaskan, apabila masyarakat bisa menjaga semangat gotong royong, tolong menolong, dan saling bantu di tengah pandemi, tentunya hal serupa juga dapat diterapkan ketika memasuki masa transisi.

Masa transisi itu diperlihatkan dengan kebijakan pencabutan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada akhir Desember 2022 lalu.

"Yang besar gandeng yang kecil, yang tengah gandeng yang kecil, yang gede gandeng yang kecil, semuanya bermitra, kemitraan bergandengan. Kalau saat pandemi bisa, saat normal pun juga harus diteruskan saling membantu, saling menolong, sehingga semuanya akan saling terangkat naik," kata Jokowi.

Jokowi mengawali sambutannya dengan menyampaikan ucapan selamat Tahun Baru Imlek 2574 Kongzi Li kepada segenap masyarakat yang merayakan.

"Selamat Tahun Baru Imlek 2574, Gong Xi Fa Cai. Semoga kebahagiaan dan kesejahteraan selalu menyertai kita semuanya," katanya. (Pon)

Baca Juga:

Reshuffle Kabinet, Jokowi: Tunggu Aja

#Imlek
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan