Jokowi Ajak Jan Ethes ke Acara Isra' Mi'raj Kenegaraan Presiden Jokowi menghadiri acara Isra'Mi'raj Nabi Muhammad SAW di GOR Pandawa, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu (3/4) malam. (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo menghadiri peringatan Isra'Mi'raj Nabi Muhammad SAW di GOR Pandawa, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu (3/4) malam.

Jokowi bersama Ibu negara, Iriana Jokowi tiba di GOR Pandawa bersama cucunya Jan Ethes pukul 19.17 WIB. Jokowi dan Ethes terlihat kompak berpakaian putih-putih dan berpeci hitam. Sedangkan Iriana mengenakan gamis cokelat bermotif batik.

Sejumlah menteri kabinet kerja turut mendampingi Presiden RI ke-7 diacara Isra' Mi'raj diantaranya, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.

Presiden Jokowi menghadiri acara Isra'Mi'raj Nabi Muhammad SAW di GOR Pandawa, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu (3/4) malam. (MP/Ismail)
Presiden Jokowi menghadiri acara Isra'Mi'raj Nabi Muhammad SAW di GOR Pandawa, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu (3/4) malam. (MP/Ismail)

Selain itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo beserta istri Siti Atiqah. Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya, dan lainnya.

Acara tersebut dihadiri sekitar 6.000 jemaah tamu undangan dari berbagai daerah. Para pengisi acara antara lain tokoh-tokoh agama, seperti pengasuh Pondok Pesantren Al-Muayyad Windan KH Dian Nafi dan pimpinan Pondok Pesantren Al-Falah Ustaz Sri Setyo.

"Makna ibadah shalat adalah agar kita memiliki benteng pertahanan moral untuk menghindarkan diri dari perbuatan keji dan mungkar," ujar Menang Lukman

Esensi ajaran Islam, kata Lukman, adalah tentang perdamaian Habil toleran moderat dan tidak bersikap ekstrim. Makna moderasi beragama yang selalu ditekankan dalam berbagai kesempatan dan bahkan diwujudkan dalam berbagai program utama di Kemenag.

"Peringatan Isra Mi'raj ini perkenankan kami mengajak kita semua untuk meneguhkan kembali sikap untuk selalu memilih jalan tengah atau wasathiyah dalam beragama berbangsa dan bernegara," kata dia.

Politisi PPP ini mengingatkan pada umat beragama agar tetap menjaga persatuan terutama di tahun politik ini. Beda pandangan politik wajar bagi negara demokrasi.

"Kita dapat memetik hikmah hari besar Islam yang selalu kita peringati, dalam rangka membangun Indonesia yang optimis Indonesia yang maju dan sejahtera," papar dia. (Ism)

Baca Juga: Pulang Kampung, Jokowi Ajak Jan Ethes Bermain di Happy Time



Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH