Kesehatan

Joe Biden Keluarkan Perintah Eksekutif Soal COVID-19, Apa Isinya?

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Sabtu, 23 Januari 2021
Joe Biden Keluarkan Perintah Eksekutif Soal COVID-19, Apa Isinya?
Joe Biden resmi menjadi Presiden AS. (Foto: KSTP TV)

JOE Biden yang baru saja resmi menjadi Presiden AS baru-baru ini mengeluarkan perintah eksekutif terkait keputusan penanganan pandemi COVID-19. Perintah tersebut adalah mewajibkan seluruh warga AS menggunakan masker ketika berada di transportasi umum. Kebijakan ini menyusul Donald Trump yang tidak setuju dengan CDC untuk mengeluarkan perintah serupa tahun lalu.

Mengutip laman Reuters, Biden berjanji akan memerangi pandemi yang sudah merenggut lebih dari 400 ribu warga AS. Hal ini juga disampaikan dalam pidatonya saat pelantikan, Kamis (21/1).

"Kita tengah memasuki periode terberat dan terburuk dari pandemi. Kita harus mengesampingkan politik dan menghadapi pandemi ini sebagai bangsa yang satu," kata Biden di depan ribuan massa dan para pejabat.

Baca juga:

CDC Hapus Panduan COVID-19 Menular Lewat Udara

Wajib menggunakan masker saat berada di transportasi umum. (Foto: Unsplash/Ant Rozetsky)

Perintah eksekutif tersebut mengamanatkan agar penumpang dan karyawan mengenakan masker di pesawat, kereta api, bus, kereta bawah tanah, dan transportasi umum lainnya. Hal ini untuk memastikan orang-orang dapat bepergian dengan aman guna kepentingan bagi keluarga dan perekonomian.

Selain itu, Biden juga menandatangani keputusan presiden untuk mendirikan dewan pengujian COVID-19. Tujuannya agar mempercepat pelaksanaan pengujian dan memberi bantuan langsung bagi komunitas minoritas terdampak pandemi.

Seperti yang diketahui pada pemerintahannya, Trump menghentikan upaya menggunakan masker saat berada di transportasi umum dengan alasan keputusan itu bergantung pada masing-masing negara bagian dan lokalitas. Trump juga berpendapat masker sebenarnya tidak diperlukan dan justru menjadi masalah politisasi.

Baca juga:

Resmi Jadi Presiden AS, Joe Biden: Demokrasi Telah Menang

Joe Biden Keluarkan Perintah Eksekutif, Apa Isinya?
Donald Trump sebelumnya tidak setuju terkait penggunaan masker di transportasi umum. (Foto: Rappler)

CDC telah mengusulkan untuk meminta penggunaan masker, tetapi gugus tugas COVID-19 Gedung Putih yang dipimpin oleh mantan Wakil Presiden Mike Pence menolak untuk membahasnya.

Mengutip The Verge, pihak kesehatan masyarakat secara kompak merekomendasikan penggunaan masker untuk menghentikan penyebaran COVID-19. Di laman resminya, CDC mengatakan sangat menyarankan mengenakan masker saat berada di transportasi umum untuk mencegah penularan.

Jumlah penumpang transportasi umum memang mengalami penurunan drastis sejak COVID-19 pertama kali muncul di AS. Misalnya penumpang di kereta komuter New York City yang terkenal padat, mengalami penurunan hingga 92 persen pada pertengahan April. Sebagian besar kota dan perusahaan transportasi di AS memiliki peraturan mengenai penggunaan masker untuk mencegah penularan COVID-19. (and)

Baca juga:

Puan Berharap Pelantikan Joe Biden Perkuat Penanganan COVID-19

#COVID-19 #Joe Biden #Amerika Serikat
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan