JK Terima Penghargaan Tertinggi Order of the Rising Sun dari Kaisar Jepang

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 10 Mei 2022
JK Terima Penghargaan Tertinggi Order of the Rising Sun dari Kaisar Jepang
Tangkapan layar Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dalam konferensi pers yang diikuti dari Jakarta, Selasa (10/5/2022). ANTARA/Aria Cindyara

MerahPutih.com - Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menerima penghargaan bintang jasa utama The Grand Cordon dari Kekaisaran Jepang.

Penghargaan tersebut merupakan penghargaan tertinggi Order of the Rising Sun atas kontribusinya dalam memperkuat hubungan dan persahabatan Indonesia dan Jepang.

“Hal ini menunjukkan bahwa hubungan Indonesia dan Jepang sangat kuat,” kata Jusuf Kalla dalam konferensi pers yang digelar di Jepang, Selasa (10/5).

Baca Juga:

Dua Jurnalis Tewas Diberondong Orang Tak Dikenal di Meksiko

Dijelaskan bahwa penghargaan tersebut disampaikan langsung oleh Kaisar Naruhito melalui upacara kenegaraan di Istana Kekaisaran pada Selasa.

“Ini adalah penghargaan bukan hanya ke saya, tapi juga kepada bangsa Indonesia,” kata Jusuf Kalla, seperti dikutip Antara.

Dia mengatakan, sebagai negara yang industrinya sangat maju, dan Indonesia yang membutuhkan mitra dagang dan investasi, Jepang merupakan salah satu investor yang terbaik di Indonesia saat ini.

Menurut Kedutaan Besar RI di Jepang, bintang jasa The Grand Cordon of the Order of the Rising Sun diberikan kepada mereka yang telah mencapai prestasi luar biasa dalam hubungan internasional, promosi budaya Jepang, dan pelestarian lingkungan.

Penghargaan tersebut pertama kali diberikan oleh Kaisar Meiji pada 1875.

Baca Juga:

Kerusuhan di Penjara Ekuador, 43 Napi Tewas

“Saya turut bangga, The Grand Cordon of the Order of the Rising Sun merupakan penghargaan tertinggi Jepang. Ini adalah bentuk penghormatan Jepang kepada Bapak Wapres Jusuf Kalla yang telah berjasa memperkuat hubungan Indonesia dan Jepang. Kita harapkan dukungan yang terus menerus dari Bapak Jusuf Kalla, untuk terus mendorong dan memperkuat hubungan antara Indonesia dan Jepang,” kata Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi.

Ada tiga tokoh Indonesia yang menerima penghargaan Order of the Rising Sun pada periode musim semi 2022 ini.

Selain penghargaan bintang jasa The Order of the Rising Sun untuk Kalla, Jepang juga menganugerahkan Gold and Silver Star kepada Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamenku Buwono X dan Duta Besar RI untuk Jepang periode 2013-2016 Yusron Ihza Mahendra. (*)

Baca Juga:

Pemungutan Suara Pemilu Australia Dimulai, Partai Buruh Diprediksi Menang

#Kaisar Jepang #Jusuf Kalla
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan