JK Rowling Bagikan Tips Bernapas Saat Gejala Infeksi COVID-19 J.K. Rowling (Foto: Ist)

VIRUS corona baru atau COVID-19 memang bisa menyerang siapa saja. Tanpa terkecuali tokoh-tokoh terkenal di dunia. Bahkan beberapa diantaranya telah meninggal dunia setelah diketahui terinfeksi virus corona, misalnya mantan presiden Marseille, Pape Diouf, aktor Hollywood Lee Fierro hingga desainer sepatu Sergio Rossi.

Meski demikian infeksi virus corona tak bisa disembuhkan. Misalnya yang terjadi pada penulis novel Harry Potter, J.K. Rowling. Perempuan kelahiran Inggris, 31 Juli 1965 itu mengaku sembuh setelah ia mengalami sakit yang mirip dengan gejala infeksi COVID-19 selama dua pekan.

"Selama dua minggu terakhir aku memiliki semua gejala C19 (meski belum dites)," kata Rowling di akun Twitter miliknya @jk_rowling.

Menariknya, di unggahannya itu Rowling juga membagikan bagaimana caranya ia bernafas yang membantunya ketika mengalami kesulitan bernafas saat gejala paling burut terjadi. Teknik tersebut diajarkan oleh suaminya yang merupakan dokter di Inggris.

"Kini aku sudah sembuh total dan ingin membagi teknik bernapas yang direkomendasikan oleh para dokter, sama sekali tak bayar, tak ada efek samping tapi bisa sangat membantumu atau orang-orang kesayanganmu, sama seperti yang kualami," kata perempuan berkebangsaan Britania Raya itu.

J.K. Rowling (Foto: Ist)
J.K. Rowling (Foto: Ist)

Inti dari teknik pernapasan ini yakni memasukan sebanyak mungkin oksigen ke dalam paru-paru. Caranya ambil lima kali napas mendalam. Setiap tarikan tahan napas selama lima detik. Di tarikan keenam, batuklah yang kencang. Cara tersebut disarankan dilakukan segera sejak terkena infeksi.

Lakukan dua putaran teknik ini lalu tidur tengkurap, bernapaslah agak dalam dari biasanya selama 10 menit. Tidur tengkurap akan membuka jalan masuk udara ke paru-paru dan itu bagus saat infeksi.

Sekadar informasi, JK Rowling masuk ke dalam deretan selebritas yang sembuh dari COVID-19 seperti Tom Hanks, Sara Bareilles, Pink, Idris Elba dan Pangeran Charles.

Kredit : yani

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH