JK Beberkan Tiga Indikator Pelayanan Rumah Sakit /media/0a/f5/68/0af5684702f894177608ce9d43f551a4.jpg

Merahputih.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri peresmian Gedung Perawatan RS Ibnu Sina, Makassar, Sabtu (30/3). Pada kesempatan itu, JK menekankan agar rumah sakit dalam memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat memenuhi tiga indikator. Yakni tenaga dokter, teknologi dan hospitality (keramahan).

"Rumah sakit itu baik atau tidak dalam memberikan pelayanan ditentukan tiga indikator yakni memiliki dokter dengan keahliannya, ditunjang teknologi kedokteran dan memiliki
hospitality (keramahtamahan)," kata JK pada kunjungan kerjanya di Makassar, Sabtu.

Berkaitan dengan hal layanan rumah sakit, lanjut dia, di Indonesia hanya ada lokasi rujukan yakni Makassar dan Jakarta. Karena itu, Makassar sebagai salah satu dari dua lokasi rumah sakit di Indonesia yang menjadi rujukan, harus paham dan mengaplikasikan ketiga indikator itu.

Dengan pelayanan RS seperti RS Ibnu Sina ini, diharapkan masyarakat dapat terlayani dengan baik dalam menunjang kesehatannya.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (ANTARA FOTO/Widodo S Jusuf)

Pada kesempatan itu, JK juga memberikan perbandingan layanan kesehatan sebelum dan sesudah reformasi. Dia mengatakan, pada era reformterlayaniasi diharapkan semua masyarakat sektor kesehatannya.

"Artinya semua orang berhak mendapatkan layanan kesehatan," kata JK.

Sebagai bentuk motivasi pada RS Ibnu Sina dengan gedung baru untuk perawatan, Wapres memberikan sumbangan satu unit ambulans, begitu pula dengan Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah yang turut hadir.

Sementara itu Ketua Yayasan Wakaf UMI Dr Muchtar Nur Jaya menyampaikan terima kasihnya atas bantuan ambulans yang diberikan.

Dia berjanji, bantuan yang diberikan tersebut akan digunakan dengan air untuk melayani pasien. Seusai meresmikan gedung baru RS Ibnu Sina, JK didampingi gubernur Sulsel melakukan peninjauan ke kamar-kamar pasien.


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama