JJ Rizal: Ben Anderson Bukan Orang Lain

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Minggu, 13 Desember 2015
JJ Rizal: Ben Anderson Bukan Orang Lain
Sejarawan JJ Rizal. (Foto: MP/Noer Ardiansyah)

MerahPutih Peristiwa - Berita wafatnya salah seorang Indonesianis kawakan asal Amerika Serikat Benedict Richard O'Gorman Anderson, atau biasa dipanggil Ben Anderson, yang tersebar begitu cepat melalui media jejaring sosial, tak urung mendapat perhatian khusus dari para pegiat sejarah maupun budaya Tanah Air.

JJ Rizal misalnya, sejarawan yang juga dikenal dengan Komunitas Bambu-nya itu mengatakan bahwa Ben Anderson selain aktor intelektual sejarah Indonesia, pun merupakan sosok pengingat yang begitu konsen terhadap perkembangan Indonesia.

“Saya pikir, kita kehilangan Indonesianis yang keberpihakannya sebagai orang luar negeri, pengamat Indonesia, politik, sejarah itu jelas,” ucap JJ Rizal kepada merahputih.com dengan wajah yang bercucuran keringat sehabis makan siang di Komunitas Bambu, Depok, Minggu (13/12).

Ben, menurut Rizal, merupakan orang yang sudah melintasi batas-batas yang keberpihakannya terlihat sangat jelas, terutama bagi orang Indonesia. Nama Ben Anderson menjadi besar dari kajian-kajiannya tentang Indonesia.

“Menurut gua, kita kehilangan mesin pengingat. Ben bukan orang lain. Dia tiba-tiba bisa menjadi orang Jawa, karena dia merupakan salah satu orang yang mengerti Jawa. Otomatis dia bisa menjadi langsung orang Indonesia, karena dia mempelajari apa itu Indonesia, asal-usul Indonesia,” paparnya. (ard)


BACA JUGA:

  1. Meski Sering Dicekal, JJ Rizal: Ben Anderson Gak Pernah Kapok
  2. Ucapan Belasungkawa Para Cendikiawan untuk Ben Anderson
  3. Indonesianis Ben Anderson Meninggal Dunia di Malang
  4. Mengingat Sejarah Buram di Museum Temporer Rekoleksi Memori
  5. Mengenal Sejarah Bangsa di Museum Benteng Vredeburg

 

#Liputan Khusus #Indonesianis Ben Anderson #Ben Anderson #JJ Rizal
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan