Inspirasi
Jiwa Pemimpin Alamanda Shantika hingga Jadi Founder Binar Academy Rela keluar dari Go-Jek untuk membuat Binar Academy (Foto: Instagram/@alamandas)

KEHIDUPAN akademis tentu tak membuat Alamanda Shantika berhenti untuk belajar serta menjadi pemimpin. Sekarang ia dikenal oleh dunia digital startup dalam Binar Academy. Tentu demi membangun ekosistem dunia startup secara menyeluruh di Indonesia Alamanda ini rela hengkang dari karir tertingginya di Gojek sebagai Vice President Product.

Alamanda, dalam konten YouTube Cakap Startup Ep. 1: Alamanda Shantika | Percakapan tentang Programmer, Pemimpin, dan Purpose! (19/7/2020) menjelaskan ceritanya di dunia Teknologi Informasi (IT). Selain berkecimpung di dunia IT, ia juga mendalami dunia lain yang belum ia tempuh, seperti dunia fashion yang memang belum ia pernah sentuh.

Baca juga:

Mental Juara, Bong Chandra Mengubah Kondisi Terpuruk ke Kesuksesan

Tapi dengan kemampuan IT nya untuk bisa blend-in ke dunia fashion ia memiliki kemampuan dalam pemrograman demi bisa membuat situs untuk brand fashion.

Perjalanannya sebagai seorang pemimpin bukanlah sebuah mukjizat yang jatuh dari langit. Ia mengembangkan kemampuan dalam kepemimpinannya sejak dini, dimulai dari menjadi seorang ketua kelas di sekolah, anteri paling depan sebagai pemimpin masa orientasi sekolah saat zaman perkuliahan, hingga menjadi seorang moderator komunitas dalam situs Kaskus. Jadi dengan pengasahannya sejak dini ia sudah mengerti sense of leading yang membekalinya hingga sekarang.

Pengembangan jiwa kepemimpinan sejak dini (Foto: Instagram/@alamandas)

Menilik dunia IT yang memiliki banyak diskriminasi, Alamanda tidak membuat aspek akademisnya menjadi sebuah hambatan dalam menjadi seorang leader. Seperti menjadi Production Design and Engineering Lead di Berrybenka, Founder Pentool Studio, Head Production di Kartuku, hingga menjadi Founder di Binar Academy sejak 2017 membuat Alamanda bisa terekspos dalam karirnya menjadi seorang pemimpin, meski IT dan Matematika adalah latar belakangnya.

Dalam perjalanan karirnya, langkah demi langkah menjadi sebuah pengalaman terbaik yang telah ia alami. Apalagi karirnya di Go-Jek selama dua tahun yang ia tempuh menjadi sebuah pelajaran berharga. Jadi tidak heran bila Alamanda ingin mendalami dunia digital startup di Binar Academy. Karena fokusnya yang ingin membuat calon pengusaha membuat startup di tempat-tempat terpencil dan jauh dari ibukota, demi meningkatkan makro ekonomi Indonesia.

Menjadi seorang pemimpin menurut Alamanda bukanlah tentang technical skill yang didasari dari background setiap leader, melainkan bagaimana leader tersebut mampu melakukan manajemen terhadap bawahannya untuk dapat membuka potensi yang ada dalam karyawannya.

Baca juga:

William Tanuwijaya, Berani Baru Membangun Tokopedia

"Sebagai seorang leader, kita enggak bisa ngelakuin semuanya sendiri. Kita harus punya executor yang sangat jago untuk meng-execute," ujar Alamanda dalam percakapannya bersama Octa Ramayana dengan maksud bahwa sebagai leader itu tidak bisa bekerja sendiri.

Belajar dari permasalahan untuk berinovasi. (Foto: Instagram/@alamandas)

Komunikasi juga menjadi aspek penting bagi satu perusahaan untuk dapat berkembang dan berinovasi, selain membangun relasi dan simpatis komunikasi juga akan membuat setiap divisi mampu memahami pekerjaannya satu sama lain. Selain itu Alamanda juga menjelaskan bahwa menjadi pemimpin juga harus belajar. Misalnya seperti melihat satu permasalahan di beberapa toko ataupun perusahaan dan menerapkan permasalahan tersebut menjadi sebuah pembelajaran, hingga menjadi solusi untuk berinovasi.

"Hal-hal simple begitu bisa kita dapatkan kalau kita mau keluar depan laptop, melihat dunia yang lebih luas lagi," lanjut Alamanda.

Jangan melihat masalah dari permukaannya saja, kamu akan menemukan akar masalah yang harus kamu dalami untuk menciptakan solusi yang lebih tepat. Inilah petuah yang diberikan oleh Alamanda Shantika Santoso kepada kamu semua yang ingin masuk ke dunia digital startup. (dnz)

Baca juga:

Pengusaha Muda Bong Candra Pendiri Bong Kopitown

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Nintendo Tingkatkan Produksi Switch Sebanyak 20%
Fun
Nintendo Tingkatkan Produksi Switch Sebanyak 20%

Karena banyaknya permintaan dari pasar, produksi kemudian ditingkatkan.

Proyek Film Spider-Woman Dimulai
ShowBiz
Proyek Film Spider-Woman Dimulai

Film ini akan mengisahkan perempuan bernama Jessica Drew dengan alter egonya sebagai Spider-Woman.

Google Duo Perluas Jumlah Panggilan Video Grup
Fun
Google Duo Perluas Jumlah Panggilan Video Grup

Google Duo Perluas Jumlah Panggilan Grup

India Geser Posisi Amerika Serikat Dari Pasar Ponsel Terbesar Dunia?
Fun
Penyu Raksasa Pernah Hidup di Bumi
Hiburan & Gaya Hidup
Penyu Raksasa Pernah Hidup di Bumi

Penyu ini dibentuk untuk peperangan.

Menjadi Pribadi yang Lebih Dewasa saat Berpacaran, Bisa Kok Girls!
Fun
Menjadi Pribadi yang Lebih Dewasa saat Berpacaran, Bisa Kok Girls!

Pribadi dewasa bukan hanya dilihat dari usia lho..

Anti Kepedasan Setelah Makan Cabai
Fun
Anti Kepedasan Setelah Makan Cabai

Ternyata air putih bukan solusi menghilangkan rasa pedas setelah makan cabai.

Asyik, Sekarang Bisa Beli Sneakers Lokal Harga Semaunya
Fun
Asyik, Sekarang Bisa Beli Sneakers Lokal Harga Semaunya

Berapapun uang yang kamu miliki bisa untuk beli sneakers.

Donald Glover Kembali Perankan Lando Calrissian untuk Proyek Terbaru Star Wars
ShowBiz
Donald Glover Kembali Perankan Lando Calrissian untuk Proyek Terbaru Star Wars

Donald Glover akan kembali menjadi Lando Calrissian versi muda pada proyek Star Wars yang akan dirilis di Disney+

Chadwick Boseman & Viola Davis Tampil Memukau dalam Ma Rainey's Black Bottom
ShowBiz