JIS Jadi Tempat Salat Idul Adha, Jemaah Harus Sudah Vaksin Dosis ke-3

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Kamis, 07 Juli 2022
JIS Jadi Tempat Salat Idul Adha, Jemaah Harus Sudah Vaksin Dosis ke-3
Jakarta International Stadium (JIS). (Foto: MP/Asropih)

MerahPutih.com - Jakarta International Stadion (JIS) kembali digunakan untuk pelaksanaan salat hari besar umat Islam. Setelah sebelumnya menggelar salat Idul Fitri, kali ini akan digunakan untuk salat Idul Adha, pada Minggu (10/7).

Plh. Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko mengatakan, pelaksanaan salat Idul Adha berjamaah ini, merupakan koordinasi pihaknya dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) DKI, serta Lembaga-lembaga Islam lainnya.

Baca Juga:

Biaya Perawatan JIS Per Tahun Capai Rp 50 Miliar

Pelaksanaan salat Idul Adha di JIS, kata ia, sesuai dengan kaifiat. Selain itu, untuk menjamin kesucian tempat salat akan dilakukan pembersihan lokasi dengan melibatkan berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah DKI Jakarta.

Pemprov DKI mengimbau kepada warga yang ingin berpartisipasi untuk mematuhi tata tertib, melengkapi vaksin ketiga atau booster, dan tetap memakai masker meski di ruang terbuka.

"Seluruh masyarakat yang ingin berpartisipasi untuk tetap tertib dan disiplin menjalankan protokol kesehatan demi kenyamanan bersama," katanya.

Ia meminta masyarakat membawa peralatan ibadah pribadi, mengikuti salat dan khutbah Idul Adha secara khusyuk, serta tidak berkerumun selepas kegiatan.

Sigit menerangkan, berbagai infrastruktur untuk mendukung salat, di JIS sudah disiapkan, seperti tempat wudu, tempat parkir, dan toilet. Namun, meski telah disediakan tempat wudu, disarankan untuk wudu dari rumah untuk mengurangi antrean.

"Segala sesuatu keperluan saat salat sudah disiapkan. Semua OPD juga sudah dibagi tugas untuk memastikan agar pelaksanaan salat Ied berjamaah dapat berjalan sukses," ucapnya.

Pelaksanaan salat Idul Adha 1443 Hijriah akan berlokasi di Ramp Barat, Ramp Timur, concourse Utara dan Selatan Jakarta International Stadium, Jakarta Utara dan direncanakan yang menjadi Khatib adalah Kiai Syukron Mam'un, serta iman salat adalah Kiai Muhammad Ali. (Asp)

Baca Juga:

JIS Dipastikan untuk Home Base Persija, tapi Hanya Pertandingan Besar

#Breaking #Idul Adha #Salat Id #Jakarta International Stadion (JIS) #DKI Jakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan