JIS Gelar Salat Idul Adha, Jemaah Diminta Tak Parkir Sembarangan

Mula AkmalMula Akmal - Jumat, 08 Juli 2022
JIS Gelar Salat Idul Adha, Jemaah Diminta Tak Parkir Sembarangan
Arsip Foto - Ribuan umat Islam melaksanakan Shalat Idul Fitri 1443 Hijriah di Jakarta International Stadium (JIS), Senin (2/5/2022). (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Dalam rangka menyambut jemaah salat Idul Adha di Jakarta International Stadium (JIS), pada Minggu (10/7). Pemerintah DKI Jakarta akan lakukan pengaturan lalu lintas dan menyiapkan armada transportasi publik.

Hal ini dilakukan untuk kemudahan dan kenyamanan mobilitas masyarakat menuju dan dari JIS.

Baca Juga:

Sambut Idul Adha, Simak Tips Mengolah Daging Kurban Biar Naik Kelas

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, pihaknya telah menyiapkan rute kedatangan/kepulangan di JIS, serta mengatur sirkulasi kendaraan yang masuk/keluar dan drop off transportasi publik.

"Masyarakat tidak perlu khawatir dan bingung, kami sudah menyiapkan petugas untuk pengaturan parkir dan drop off, baik itu di dalam area stadion ataupun di luar stadion," ujar Syafrin, Jumat (8/7).

Dishub DKI mengimbau jika parkir di lokasi penuh, maka ikuti petunjuk petugas di lapangan demi kelancaran arus lalin dan kenyamanan bersama. Syafrin juga memohon jemaah untuk tidak memarkirkan kendaraan di sembarang tempat untuk kelancaran perjalanan bersama.

Ada 8 kantong parkir yang dapat digunakan di dalam area JIS dan sekitar JIS, yakni dalam stadion, parkir timur 1 JIS, parkir timur 2 JIS, parkir sepeda ramp timur, ITF, Taman BMW, Rukan Nusantara, dan parkir Sepeda Motor Ramp Barat.

Di lokasi parkir ini, tidak disediakan shuttle bus menuju JIS dan sebaliknya (PP) karena jarak ke lokasi salat cukup dekat.

Selanjutnya, ada 5 kantong parkir di sekitar JIS yang akan dilayani oleh shuttle bus sekolah, yaitu di RSPI Soeroso, Universitas 17 Agustus 45, Graha YKI, D’Arcici Hotel dan Ruko Sunter Nirwana.

Selain itu, disiapkan lokasi parkir yang bersifat opsional atau tambahan yang akan dilayani oleh shuttle bus Transjakarta, yakni di Ancol Karnaval dan C3 (belakang rusun Bandar Kemayoran).

Shuttle bus akan beroperasi mulai pukul 04.30 - 10.00 WIB. Penjemputan dan kepulangan jemaah dengan shuttle bus dilakukan melalui Zona Selatan JIS atau pintu 5.

"Diharapkan masyarakat menyesuaikan waktu perjalanan agar bisa sampai di lokasi tepat waktu. Syarat yang sama juga berlaku setelah acara selesai untuk kepulangan kembali ke lokasi-lokasi parkir," terang Syafrin.

Baca Juga:

Anies Ajak Masyarakat Jakarta Salat Idul Adha di JIS

Namun, lokasi-lokasi parkir tersebut memiliki daya tampung kendaraan yang terbatas. Untuk itu, Pemprov DKI mengimbau kepada masyarakat yang ingin ikut salat Iduladha di JIS dapat menggunakan transportasi umum.

Untuk melayani jemaah salat Ied, transjakarta mengoperasikan armada bus layanan reguler menuju JIS dari lokasi keberangkatan sejak pukul 05.00 WIB beriku ini :

1. Transjakarta JIS 014 (Senen - JIS)

2. Transjakarta JIS 003 (Harmoni - JIS)

3. Non BRT 10K (Tanjung Priok – Senen via Taman BMW)

4. JAK 77 (Tanjung Priok – Jembatan Hitam)

Selain itu, Dishub DKI Jakarta juga akan menerapkan pembatasan lalu lintas umum menuju JIS pada pukul 04.30 - 10.00 WIB, Minggu (10/7). Kendaraan yang boleh melintas adalah angkutan umum, jemaah salat Ied dan warga yang tinggal di sekitar area JIS.

Penutupan akan ada di 3 titik lokasi, yaitu:

a. Simpang perlintasan bidang kereta api (KA) di Jl. Sunter Permai Raya – Jl. RE.Martadinata

b. Simpang Jl. Sunter Permai Raya – Jl. Bisma Raya

c. Simpang Jl. Danau Sunter Barat – Jl. Danau Sunter Utara

Pemprov DKI mengimbau kepada masyarakat yang tidak memiliki kepentingan di kawasan sekitar JIS untuk dapat menghindari kawasan sekitar JIS pada saat pembatasan berlangsung.

"Namun, bagi masyarakat yang harus menjalankan aktivitasnya di sekitar JIS untuk dapat memilih jalan alternatif lain," pungkasnya. (Asp)

Baca Juga:

Muhammadiyah Siapkan Lebih dari 25 lokasi Salat Idul Adha di Jakarta dan Sekitarnya

#Idul Adha #Salat Id #Salat Ied #Jakarta International Stadion (JIS)
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan