Kpop
Jin BTS Rilis Lagu Baru di Hari Ulang Tahun Ke-28 Jin merayakan ulang tahunnya ke-28 dengan membuat lagu baru (Foto: Big Hit Entertainment)

KETIKA berulangtahun biasanya kita akan mendapatkan hadiah dari orang lain. Namun, tidak demikian untuk Jin BTS.

Memperingati hari ulang tahunnya ke-28 yang jatuh pada 4 Desember 2020, Jin justru memberikan persembahan istimewa kepada penggemar. Sebuah lagu bertajuk Abyss sebagai manifestasi dari keresahan dan kelelahannya akhir-akhir ini.

Baca juga:

Terkuak! Inilah Member BTS Yang Terlihat Menyeramkan Saat Marah

Menjadi nomor satu di tangga lagu Billboard Hot 100 ternyata membuat anggota tertua BTS itu kewalahan. "Sejujurnya, baru-baru ini aku merasa sangat lelah. Aku diberi ucapan selamat oleh banyak orang setelah mencapai #1 di Hot 100 Billboard, tetapi aku bertanya-tanya apakah tidak apa-apa bagiku untuk menerima sesuatu seperti itu," tulisnya dalam blog BTS.

Menurutnya, ada banyak orang yang lebih menyukai dan lebih pintar dalam bermusik selain dirinya. Namun mengapa dia yang diberi selamat seperti ini. Oleh karena itu, Jin memutuskan menceritakan permasalahannya tersebut pada produser sekaligus CEO Big Hit Entertainment, Bang Si-hyuk. Si-hyuk kemudian menyuruh Jin menuliskan perasaannya dan membuatnya menjadi sebuah lagu.

Proyek instalasi bertema Jin yang diletakkan di dekat Universitas Hiongik untuk merayakan ulang tahun Jin. (Foto: The Korea Herald)

Merasa tidak percaya diri untuk memproduksi lagu, Jin akhirnya dipertemukan dengan komposer Bumzu. Sisi positif dari penyanyi bernama asli Gye Beom-ju itu kembali mencerahkan Jin. Bersama, mereka membicarakan banyak hal dan melahirkan sebuah lagu.

Leader BTS juga ternyata ikut membantu menulis lirik chorus, sehingga nama RM masuk dalam kredit bersama BUMZU, Jin, dan Pdogg. "Ini sedikit lagu sedih yang tidak cocok untuk ulang tahun, tapi sepertinya agak sedikit tidak pas jika dirilis bukan pada hari ulang tahunku. Itu sebabnya aku merilis 'Abyss'," terangnya.

Tepat dua jam sebelum berusia 28, Jin meluncurkan lagu bergenre synth-pop ballad itu melalui saluran YouTube BANGTANTV dan Soundcloud BTS. Ketika membaca lirik lagunya, pria yang sering dijuluki sebagai worldwide handsome ini seolah mendeskripsikan perasaan memudar dan burning out seperti lubang hitam. Lewat lantunan lagu yang ditemani dentingan piano dan petikan gitar, Jin sukses bikin ARMY ambyar.

Baca juga:

V BTS Jadi Trending di Twitter karena Kakinya

Sesaat setelah lagunya dirilis, ARMY langsung mengucapkan terima kasih untuk hadiah spesial itu. Mereka juga meyakinkan Jin tidak pernah gagal membawa kebahagiaan kepada para penggemar. Buktinya di hari istimewanya ini, fan membalas cinta Jin dengan berbagai ucapan selamat.

Tagar #HappyBirthdayJin #OurDecemberMiracle #OurMoonJinDay, #EternalEpiphanyJin, dan ucapan Happy Birthday Mas Ganteng langsung jadi trending di Twitter. Kata 'Moon' dan 'Epiphany' merujuk pada dua lagu solo terakhir milik Jin.

Selain meramaikan jagat maya, penggemar juga heboh di dunia luring. Berdasarkan berbagai unggahan di Twitter, kota Seoul disebut-sebut telah menjadi 'Kim Seok Jin Land'. Sebab sejauh mata memandang, foto vokalis kelahiran 1992 itu terpampang di berbagai papan iklan.

Komunitas ARMY asal Tiongkok juga membuka proyek jalanan bertema Jin di jalan festival komersial utama distrik hiburan dekat Universitas Hongik, demikian laporan The Korea Herald. Mereka meletakkan instalasi layar LED yang menyiarkan cuplikan penampilan Jin.

Dilengkapi dengan dekorasi yang mirip dengan apa yang dipakai Jin saat tampil membawakan lagu Moon pada konser virtual Map of the Soul: One Oktober lalu.

Laman Allkpop mengabarkan bahwa fanbase bernama Team Kim Seok Jin sudah menyiapkan iklan TV di saluran Mnet sampai tanggal 7 Desember. Iklan lainnya juga akan ditayangkan selama empat hari berturut-turut di Instagram, YouTube, Facebook, TikTok, KakaoTalk, Snow, B612, SODA, dan Foodie.

Media cetak tak luput jadi sasaran para fan. Fansite Jin yang selalu membagikan foto idolanya di media sosial itu akan memasang satu halaman penuh iklan ulang tahun Jin di majalah mode seperti Vogue Korea dan Harper's BAZAAR Korea.

Semoga setelah melihat banyak cinta dari penggemar, Jin akan menyadari bahwa dia juga pantas menerima pujian untuk kerja kerasnya ya. (sam)

Baca juga:

Jin BTS Tunda Wajib Militer Hingga Akhir 2021

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Intip Kartu Ucapan Valentine Tertua di Dunia, Isinya Bikin Meleleh
Hiburan & Gaya Hidup
Intip Kartu Ucapan Valentine Tertua di Dunia, Isinya Bikin Meleleh

Kartu ucapan di momen tersebut ternyata sudah berlangsung sejak berabad silam. Temuan kartu ucapan Valentine Tertua di Dunia tercatat bertarikh 1818.

Among Us Hadir di Xbox
Fun
Among Us Hadir di Xbox

2021 kamu bisa memainkan game ini di Xbox.

Tetap 'Up-to-Date' dengan Program Menarik di Aplikasi BaBe Selama #DiRumahAja
Fun
Tetap 'Up-to-Date' dengan Program Menarik di Aplikasi BaBe Selama #DiRumahAja

Sebagai platform distribusi berita dan konten terkemuka di Indonesia, BaBe ikut mendukung kampanye #DiRumahAja

'Teman Tapi Menikah 2' Mau Tayang, Yuk Simak Sinopsisnya!
Fun
'Teman Tapi Menikah 2' Mau Tayang, Yuk Simak Sinopsisnya!

Bagaimana kelanjutan film 'Teman Tapi Menikah'?

Danilla dan Maudy Ayunda Berduet untuk Sountrack ‘Losmen Bu Broto’
ShowBiz
Danilla dan Maudy Ayunda Berduet untuk Sountrack ‘Losmen Bu Broto’

Selain tampil sebagai aktris, Danilla dan Maudy Ayunda bekerja sama menggarap lagu tema untuk film Losmen Bu Broto.

Siap-Siap, Samsung Galaxy Note 20 Meluncur 5 Agustus
Fun
Siap-Siap, Samsung Galaxy Note 20 Meluncur 5 Agustus

Gawai flagship terbarunya ini akan diperkenalkan lewat acara tahunan, Galaxy Unpacked pukul 21.00 WIB.

5 Makanan yang Dapat Memutihkan Gigi
Fun
5 Makanan yang Dapat Memutihkan Gigi

Solusi terbaik adalah dengan memilih bahan alami.

5 Cara Memperluas Jaringan Bisnis Selama Pandemi
Fun
5 Cara Memperluas Jaringan Bisnis Selama Pandemi

Kiat yang dapat membantu kamu lebih rpofesional.

Vanessa Hudgens Perankan 3 Karakter di 'The Princess Switch 2: Switched Again'
ShowBiz
Vanessa Hudgens Perankan 3 Karakter di 'The Princess Switch 2: Switched Again'

Film ini merupakan sekuel dari The Princess Switch yang rilis pada 2018.