Jimmy Minta Gubernur Jabar Fasilitasi Penanganan Banjir

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 17 November 2016
Jimmy Minta Gubernur Jabar Fasilitasi Penanganan Banjir
Banjir Karawang di sekitar Jembatan Jenebin. (Foto: @SAR_BRIDGESTONE)

Menyusul banjir besar yang melanda Kabupaten Karawang dalam sepekan terakhir, Wakil Bupati Karawang, H. Ahmad Zamakhsari (Jimmy) menegaskan pemkab Karawang akan menjadi inisiator untuk mendorong Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) mengeluarkan kebijakan yang terintegrasi bersama dengan enam kabupaten di Jabar lainnya.

"Persoalan banjir tidak mungkin bisa diselesaikan sendiri. Pemerintah Kabupaten Karawang siap menjadi inisiator agar permasalahan luapan sungai yang mengakibatkan musibah banjir bisa di antisipasi secara terintegrasi melalui kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah provinsi," jelas Jimmy, saat memimpin langsung rapat koordinasi penanganan banjir, Rabu (16 Nov) di kantor Bupati Karawang.

Poin utama rapat adalah membahas penanganan dampak akibat luapan aliran sungai yang membanjiri sejumlah wilayah di Kabupaten Karawang.

Posisi Karawang yang di hilir dari dua sungai besar yang hulu sungainya ada di Jawa Barat, mengakibatkan kabupaten ini sering terdampak banjir jika Bandung atau pun Bogor curah hujannya tinggi yang membuat debit air melebihi kapasitas.

"Ada tujuh kabupaten di Jawa Barat yang wilayahnya teraliri aliran sungai, diantaranya Bogor, Purwakarta, Subang, Kabupaten Bandung, Bekasi, dan Karawang yang paling hilir. Karenanya memerlukan penanganan yang terintegrasi dari pemerintah provinsi," seru Jimmy kepada baca-koran.com.

Rekomendasi hasil rapat yang juga dihadiri eksekutif, unsur pimpinan DPRD Karawang, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS), Perum Jasa Tirta (PJT), Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) dan perwakilan Kementerian Kehutanan itu, akan meminta Gubernur Jabar untuk memfasilitasi pertemuan dengan enam kabupaten lainnya untuk membahas permasalahan daerah aliran sungai dari hulu hingga ke hilir. (dsyamil)

BACA JUGA

  1. Ribuan Warga Karawang Mengungsi
  2. Gubernur Jawa Barat Ditagih Janjinya
  3. Ribuan Rumah di Karawang dan Kota Tangerang Terendam Banjir

 

#Wakil Bupati Karawang Ahmad Zamakhsari #Banjir Karawang
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan