Jika Terpilih, Ridwan Kamil Janjikan Penguatan Wisata Sejarah Wali Kota Bandung yang juga bakal calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat berdialog dengan awak media di Kota Cirebon, Minggu (10/9) malam. (MP/Mauritz)

MerahPutih.com - Kandidat Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan jika terpilih nanti berkomitmen untuk mengembangkan wisata sejarah, mengingat banyak potensi yang harus dilestarikan.

"Banyak daerah di Jawa Barat yang memiliki sejarah panjang dan istimewa, untuk itu kalau nanti terpilih, saya akan kuatkan wisata sejarah," kata Emil seperti dilansir Antara, Rabu (7/3).

Dari jumlah 27 kota dan kabupaten di Jawa Barat, sebagian di antaranya memliki sejarah yang menarik dan istimewa, salah satunya adalah Cirebon.

Untuk itu dirinya berkomitmen dalam hal peningkatan wisata sejarah, karena memang pelestarian situs-situs bersejarah bukan hanya sekadar diucapkan saja, melainkan harus ada aksi nyata.

"Salah satu rencana penguatan adalah pendanaan yang akan dikuatkan," tuturnya.

Tidak haya dana bantuan, akan tetapi Emil juga akan mendorong pengelola situs bersejarah untuk bisa mandiri.

Kemandirian itu kata Emil, upaya untuk menghadirkan peluang-peluang ekonomi yang bisa dihasilkan, ditempat-tempat yang bersejarah.

Yang terpenting untuk saat ini adalah perhatian dan kemandirian dalam mengelola, melestarikan serta membangun sejarah.

"Perhatian kami adalah kamandirian dan nanti saya kirim tim mendiskusikan gagasan melestarikan secara ekonomi, apakah nanti ada restoran (di Keraton Kanoman), hotel wisata sejarah dan ini harus difikirkan," katanya. (*)

Baca juga berita terkait di: Ketum PPP Sebut Ridwan Kamil-Uu Pasangan Ideal untuk Pimpin Jabar



Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH