Jika Sudah Merasakan 5 Hal Ini, Tandanya Kamu Butuh Liburan Tanda-tanda kamu butuh liburan. (Foto: Pixabay/FreePhotos)

SETELAH tiada henti melakukan rutinitas, kamu membutuhkan hiburan untuk melepas penat agar pikiranmu segar kembali. Liburan menjadi cara terbaik untuk mengobati rasa stres atau lelah akan sibuknya pekerjaan. Tidak hanya menghibur, liburan sangat baik bagi kesehatan fisik dan mental kamu. Terlebih untuk kamu yang sangat sibuk dengan aktivitas.

Liburan juga bisa memberikan rasa senang dan bahagia. Dengan catatan, selama liburan kamu tidak memikirkan sama sekali pekerjaanmu. Manfaatkan waktu tersebut sebaik mungkin, karena dalam beberapa hari ke depan kamu akan kembali pada rutinitas. Dilansir dari laman Travel and Leisure, simak lima tanda bahwa kamu membutuhkan waktu liburan.

Baca juga:

Stres dengan Kesibukan Kantor? Lakukan Liburan Singkat dan Dapatkan Manfaatnya

1. Kesulitan menghadapi hal kecil

Jika Sudah Merasakan 5 Hal Ini, Tandanya Kamu Butuh Liburan
Ketika masalah kecil dibesar-besarkan. (Foto: Pixabay/Pexels)

Jika kamu merasa bahwa hal kecil saja membuatmu kesulitan atau marah, tandanya kamu butuh waktu untuk berlibur. Kamu akan kesulitan untuk memahami suatu perspektif yang berbeda. Ini terjadi ketika kamu menanggap bahwa masalah kecil seolah-olah sesuatu yang besar dan harus cepat diselesaikan.

Michael Kerr, pembicara bisnis internasional dan penulis buku The Humor Advantage mengatakan, "kurangnya perspektif yang sehat tentang masalah, pasti bisa menjadi tanda kamu perlu mengkalibrasi ulang mental dengan cara liburan,".

2. Sakit fisik

Jika Sudah Merasakan 5 Hal Ini, Tandanya Kamu Butuh Liburan
Cepat merasakan stres dan melemahkan sistem kekebalan tubuh. (Foto: Pixabay/geralt)

Ketika kamu merasa cemas atau terlalu lelah di tempat kerja, otak akan melepaskan hormon untuk merespons 'melawan atau lari' dari apapun yang menyebabkan stres.

Konsekuensinya, kamu akan merasakan peningkatan denyut nadi, tekanan darah, berkeringat yang kemudian menyebabkan nyeri dada, nyeri punggung, sakit kepala, masalah pencernaan, bahkan pingsan. Keletihan yang disebabkan oleh beban kerja dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan membuatmu lebih rentan terhadap virus, flu, dan infeksi.

Ambil waktu (cuti) untuk beristirahat dan pergi berlibur. Penyegaran yang kamu dapatkan dari liburan akan membantumu mengatasi berbagai 'penyakit' stres di atas.

Baca juga:

Terapkan 5 Tips Ini untuk Liburan Keluarga yang Bebas Stres

3. Menjadi kontraproduktif dalam pekerjaan

Jika Sudah Merasakan 5 Hal Ini, Tandanya Kamu Butuh Liburan
Menjadi kontraproduktif adalah tanda kalau kamu butuh berlibur. (Foto: Pixabay/1388843)

Kamu mungkin tidak bermaksud untuk merusak kepentingan perusahaan di tempatmu bekerja. Namun secara tidak sadar, perilakumu ternyata menimbulkan dampak negatif terhadap produktivitas perusahaan.

Misalnya, sulit untuk bangun di pagi hari dan tiba di kantor tepat waktu, mudah tersinggung, dan berargumen dengan rekan kerja. Mungkin ini saatnya untuk meluangkan waktu untuk liburan.

4. Sulit tidur

Jika Sudah Merasakan 5 Hal Ini, Tandanya Kamu Butuh Liburan
Hormon stres akan membuatmu sulit untuk tidur. (Foto: medicalnewstoday)

Hormon stres juga membuat kamu sulit untuk tertidur. American Psychological Association melaporkan, sepertiga dari generasi milenial tidak mendapatkan waktu tidur yang baik, delapan jam setiap malam.

Hal ini disebabkan karena mereka tidak punya waktu, sementara sepertiga lainnya tidak dapat tertidur karena mereka memiliki terlalu banyak pikiran. Mungkin saja kamu tidak insomnia, melainkan kurang piknik.

5. Menyembuhkan diri dengan cara tidak sehat

Jika Sudah Merasakan 5 Hal Ini, Tandanya Kamu Butuh Liburan
Pergi untuk menghibur diri dengan cara tidak sehat. (Foto: Pixabay/StockSnap)

Karena waktu senggang yang minim, kamu melampiaskan rasa stres dengan cara yang tidak sehat. Misalnya minum alkohol berlebih, merokok, atau party sepanjang malam.

Hal tersebut kamu lakukan karena sudah merasa sangat lelah dan tidak punya waktu untuk berlibur dalam jangka panjang. Jika kamu merasa nyaman dengan kegiatan seperti di atas, tandanya kamu benar-benar butuh waktu untuk liburan. (and)

Baca juga:

Berlibur, Investasi untuk tubuh dan Jiwa Sehat



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH