Jika Mengalami Ini, Tandanya Kamu Stres Berat Stres berat bisa mengganggu berbagai aktivitasmu (Foto: Pexels/Inzmam Khan)

STRES berat bisa terjadi terhadap siapa saja. Penyebabnya bisa karena beban pekerjaan, kehilangan orang tersayang, bercerai, terlilit hutang, hingga kehilangan pekerjaan. Jika mengalami hal tersebut, seseorang bisa mengalami tekanan mental dan emosional yang berlebihan.

Kalau kamu sudah stres berat, berbagai aspek kehidupan kamu bisa terganggu. Seperti emosi, perilaku, kemampuan berpikir, bahkan kesehatan fisikmu sekalipun. Mengutip Alodokter, ada beberapa ciri seseorang mengalami stres.

Misalnya seperti mudah gelisah, terlihat murung, dan mudah tersinggung. Jika kamu mengalami stres berat, kamu pun bisa tertekan, karena merasa diri kamu enggak baik. Sulit juga untuk berpikir dengan tenang.

Ciri lain kamu mengalami stres berat kamu enggak merasa bergairah dalam menjalani aktivitas harian. Di malam hari kamu pun akan sulit tidur. Bisa-bisa kamu juga mengalami insomnia.

Nafsu makan akan berkurang saat stres (Foto: Pexels/Lisa Fotios)

Jangankan untuk beraktivitas, untuk makan saja kamu merasa enggak nafsu. Enggak mengherankan karena stres badan kamu akan kurus. Gara-gara enggak nafsu makan juga, kamu pun jadi mudah sakit. Yang biasanya diawali dengan sakit kepala.

Sistem perncernaan kamu pun terganggu saat mengalami stres berat. Hasilnya, perut kamu sering kembung. Lebih parahnya kamu juga bisa diare atau sembelit.

Baca juga:

Ibu Milenial Lebih Stres dari Ibu Zaman Dulu?

Jangan putus asa jika kamu mengalami stres berat. Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan rasa stres itu. Meskipun sulit, cobalah untuk berpikir positif terhadap masalah yang kamu hadapi. Beri motivasi pribadi terhadap dirimu dan syukuri hal positif yang ada di balik masalahmu itu.

Traveling dapat membuat pikiran kamu tenang (Foto: Pexels/Bhupendra Singh)

Enggak ada salahnya menuangkan keluh kesah dalam sebuah tulisan. Ya, tulis buku harian pribadimu yang berisi tentang segala keluh kesah yang kamu alami. Percaya deh, setelahnya kamu akan merasa lebih baik. Karena kamu sudah mulai bisa mengontrol emosi.

Jangan sungkan menceritakan masalahmu kepada orang terdekat. Jangan pendam masalahmu itu sendiri, itu malah akan menyakitimu. Tapi ingat ya, ceritakan pada orang terpercaya semisal anggota keluarga dan sahabat. Akan lebih baik jika kamu curhat langsung ke orangtua kamu.

Tidurlah yang cukup untuk mengatasi stres berat itu. Walaupun memang susah untuk terlelap saat memiliki banyak pikiran. Agar mudah terlelap. Kamu bisa mencoba mandi air hangat menjelang tidur.

Terakhir, coba deh pergi beribur. Ambil cuti beberapa hari dari kantor. Traveling akan membuat pikiran kamu fresh. Perlahan kamu pun bisa mendapatkan ketenangan pikiran. Bahkan ketenangan jiwa bisa kamu dapatkan saat kamu melancong ke suatu daerah. (ikh)

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH