Jika Kata-Kata Ini Terlontar, Bisa Jadi Pernikahanmu Berada di Ujung Tanduk Jangan katakan hal-hal ini pada pasangan, bisa berimbas pada pernikahanmu (Foto: Unsplash/David Thomaz)

PERNIKAHAN akan membuahkan banyak hal yang terjadi. Entah itu akan menjadi hal baik, atau mungkin bisa menjadi hal buruk. Bukan hanya sebuah perceraian pun hal yang akan terjadi, bisa jadi yang akan terjadi hanya sekedar permasalahan komunikasi normal, diam-diam saja, atau hanya sekedar bahasa tubuh yang mencerminkan ketidaksetujuan akan sesuatu antara kamu dengan pasanganmu di rumah tangga.

Namun kata-kata juga bisa mencerminkan bahwa hubungan kamu dengan pasanganmu sedang ada di dalam masalah. Inilah beberapa kata-kata yang dilontarkan yang bisa membuat pernikahanmu berada di ujung tanduk, menurut beberapa pengacara yang mengurus perceraian.

1. "Aku Sudah Tidak Mau Peduli Lagi"

Jika Kata-Kata Ini Terlontar, Bisa Jadi Pernikahanmu Berada Di Ujung Tanduk
Aku Sudah Tidak Mau Peduli Lagi (Foto: Pexels/Pixabay)

Kata-kata yang terlihat jelas ini adalah salah satu jalan menuju perceraian, karena hal ini terjadi ketika satu atau kedua pasangan menjadi tidak tertarik satu sama lain.

Menurut Christian Denmon, salah satu pengacara di Florida mengatakan ketika pasanganmu mengatakan hal itu, lebih baik kamu harus tarik nafas dan jelaskan perasaanmu.

Atau mungkin jika kamu memang melakukan hal yang sama dan capek akan berkelahi dengan pasanganmu, lebih baik kamu rapikan semua perasaanmu dan akhiri saja.

2. "Kamu Tidak Pernah Mau Bantu Pekerjaan Rumah!"

Jika Kata-Kata Ini Terlontar, Bisa Jadi Pernikahanmu Berada Di Ujung Tanduk
Kamu Tidak Pernah Mau Bantu Pekerjaan Rumah (Foto: Pexels/Nathan Cowley)

Disaat kata "selalu" dan "tidak pernah" masuk kedalam suatu pembicaraan antara kamu dengan pasanganmu, kamu sedang ada di dalam fase berbahaya hubungan kamu.

Menurut Antonio Borrello, salah satu psikolog di Detroit menjelaskan bahwa mengatakan kata-kata ini petanda bahwa kamu dan pasanganmu memang berfokus untuk menyerang karakter kalian berdua daripada sekedar mencari solusi.

Jika kamu atau pasanganmu mengatakan hal ini, lebih baik kalian berdua berfokus dan mengerti apa yang harus kalian berdua lakukan, daripada hanya sekedar berkelahi tanpa tujuan.

3. "Aku Mau Cerai"

Jika Kata-Kata Ini Terlontar, Bisa Jadi Pernikahanmu Berada Di Ujung Tanduk
Aku Mau Cerai (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Mengancam pasanganmu dengan kata "Aku mau putus!" atau "Aku mau cerai!" akan meruntuhkan apapun yang sudah kamu bangun, apalagi jika kamu dan pasanganmu membangun hubungan kalian berdua selama bertahun-tahun.

Jika ini adalah ancaman, kamu harus mengerti dengan keputusanmu. Apalagi jika kamu tidak menginginkan kalian berdua berpisah, lebih baik jangan bilang jika kamu setuju ingin berpisah.

Walau pasanganmu memang melakukan kesalahan, daripada mengancamnya untuk bercerai. Lebih baik kamu jalan-jalan dengannya untuk menjernihkan pikiran diantara kalian berdua. dan ketika kamu pulang, kamu bisa membicarakan hal itu dengan kepala dingin tanpa ada emosi.

4. "Kenapa Kamu Tidak Bisa Seperti Dia?"

Jika Kata-Kata Ini Terlontar, Bisa Jadi Pernikahanmu Berada Di Ujung Tanduk
Kenapa Kamu Tidak Bisa Seperti Dia (Foto: Pexels/Odonata Wellness)

Tradisi membanding-bandingkan diri dengan orang lain memang tidak ada habis-habisnya, dari zaman kamu kecil hingga sudah besar dan menikah. dan memang tidak akan pernah berhenti dari generasi hingga generasi.

Berhentilah untuk membanding-bandingkan pasanganmu dengan orang lain, walaupun dari segi kepribadian atau bahkan dari segi fisik. Tidak ada orang yang ingin mendengar atau bahkan mereka pun akan marah ketika dirinya dibanding-bandingkan.

Cobalah untuk memotivasinya dengan mengapresiasi apapun yang ia lakukan, kepribadiannya. Atau hanya sekedar memuji wajahnya yang tampan atau cantik juga boleh. Manusia tak ada yang sempurna.

5. "Kamu Tidak Perlu Tahu Aku Habis Darimana"

Jika Kata-Kata Ini Terlontar, Bisa Jadi Pernikahanmu Berada Di Ujung Tanduk
Kamu Tidak Perlu Tahu Aku Habis Darimana (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Walaupun memang rasanya tidak perlu jika mengabarkan dari mana saja sesaat kamu dengan pasanganmu bertemu. Bukan berarti kamu harus merahasiakan hal tersebut kan? Jika kamu atau pasanganmu melakukan hal ini, akan ada beberapa kemungkinan yang akan terjadi.

Antara kamu atau pasanganmu tidak menghargai transparansi aktivitasmu, atau mungkin ada orang ketiga yang menghantui hubunganmu? Cara terbaik untuk menghindari dari perceraian adalah harus menjadi orang yang jujur dan juga transparan akan hubungan.

Walau hal ini hanya dalam kemungkinan kecil, tetapi lebih baik jika ada masalah dalam hubungan kalian. Kamu harus membicarakan permasalahan tersebut kepada pasanganmu. Agar hubunganmu dalam rumah tangga menjadi lebih harmonis. (dnz)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH