Jika Harus Tetap Ngantor, Ini Tips Terhindar dari COVID-19

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Selasa, 26 Mei 2020
Jika Harus Tetap Ngantor, Ini Tips Terhindar dari COVID-19
Kenali tips menghindari virus COVID-19 ketika kamu terpaksa harus tetap ngantor (Foto: pixabay/sigre)

DI TENGAH pandemi Virus Corona saat ini, ada orang yang berkesempatan bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH), ada pula sejumlah profesi yang mengharuskan kamu untuk tetap pergi ke kantor.

Memang terbilang cukup berisiko jika harus tetap pergi ke kantor, tetapi namanya pekerjaan tentu harus seseorang jalani, untuk memenuhi biaya hidup sehari-hari.

Baca Juga:

Gandeng Puluhan Pengrajin Lokal, Bir Bintang Produksi 50.000 Masker untuk Lawan COVID-19

Nah Untuk kamu yang tetap harus bekerja dari kantor, ada beberapa tips untuk terhindari dari virus COVID-19, seperti yang dikutip dari infografis Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Simak tata cara menghindari COVID-19 bila kamu tetap harus pergi ke kantor (Foto: kementerian kesehatan republik Indonesia)

Perjalanan Ke dan dari Tempat Kerja

Pertama kamu pastikan jika kamu dalam kondisi sehat, bila ada keluhan batuk, pilek, atau demam, tetaplah tinggal dirumah. Kedua upayakan mengenakan kapaian lengan panjang.

Ketiga tetap gunakan masker dan upayakan tak menggunakan transportasi umum. Bila terpaksa menggunakan transportasi umum, tetap menjaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter, tak menyentuh fasilitas umum, gunakan hand sanitizer dan gunakan helm sendiri.

Keempat upayakan membayar secara non tunai, bila terpaksa memegang uang, gunakan handsanitizer sesudahnya. Lalu yang kelima tidak menyentuh wajah atau mengucek mata dengan tangan, sebaikyna gunakan tissue bersih bila terpaksa.

Baca Juga:

Merah Putih Kasih Foundation Salurkan Donasi Pada Gerakan BagiGaji.id

Saat Berada di Tempat Kerja

Ketika tiba di kantor segeralah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Kedua, gunakan siku untuk membuka pinti serta menekan tombol elevator (lift).

Ketiga, tak berkurumun dan menjaga jarak di lift dengan posisi saling membelakangi. Keempat untuk sementara tidak menggunakan absensi finger print. Setelah itu bersihkan meja atau area kerja dengan desinfektan.

Keenam upayakan tak sering menyentuh fasilitas/peralatan yang dipakai bersama di area kerja, dan gunakan sanitizer. Ketujuh tetap menjaga jarak dengan rekan kerja minimal satu meter.

Kedelapan, usahakan udara dan sinar matahari masuk ke ruang kerja. Kesembilan biasakan tak berjabat tangan dan gunakan masker. Kesepuluh selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat di tempat kerja.

Tetap jaga jarak dan selalu kenakan masker saat bekerja (Foto: pixabay/alexandra_koch)

Di Tempat Kerja Area Publik

Pertama perketatlah penggunaan masker. Kedua selalu menjaga jarak aman. Ketiga, sesering mungkin mencuci tangan dengan air sabun dan air mengalir, atau menggunakan hand sanitizer setiap empat jam sekali.

Saat Tiba di Rumah

Pertama jangan bersentuhan dengan anggota keluarga sebelum kamu membersihkan diri, caranya ialah mandi dan mengganti pakaian kerja.

Kedua cuci pakaian dan masker dengan deterjen. Untuk masker sekali pakai, sebelum dibuang robek dan basahi dengan desinfektan, agar tak mencemari petugas pengelola sampah.

Ketiga jika dirasa perlu, bersihkan handphone, kacamata serta tas dengan desinfektan. Keempat selalu terapkan perilaku hidup bersih dan sehat di rumah. (Ryn)

Baca Juga:

1.000 Paket Sembako Bentuk Kepedulian JHL Group untuk Masyarakat di Sekitarnya

#COVID-19 #Virus Corona
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan