Jika Besok Mangkir Lagi, Anita Kolopaking Bisa Dijemput Paksa Bareskim Pengacara Djoko Tjandra, Anita Kolopaking keluar ruangan usai menjalani pemerikaan di Gedung Jaksa Agung Muda Pengawasan Kejagung, Jakarta, Senin (27/7). ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/pras.

Merahputih.com - Bareskrim Polri kembali melayangkan surat pemanggilan kedua untuk kuasa hukum Djoko Tjandra, Anita Kolopaking. Tersangka dalam kasus surat jalan Djoko Tjandra tersebut dipanggil polisi, Jumat (7/8).

Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono meminta Anita Kolopaking kooperatif hadir dalam panggilan kedua. Bila mangkir, polisi dapat menjemput paksa.

“Tentunya kalau panggilan kedua tidak hadir, penyidik bisa melakukan upaya paksa melakukan penjemputan dari yang bersangkutan,” kata Argo kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (6/8).

Baca Juga

Belum Periksa Djoko Tjandra, Kejagung: Yang Penting Dieksekusi Dulu

Anita Kolopaking telah mengirimkan surat sebagai jawaban atas pemanggilan keduanya. Dalam surat tersebut, ia berjanji akan memenuhi panggilan penyidik.

“Yang bersangkutan berkirim surat juga ke Bareskrim Polri bahwa hari Jumat akan hadir, walaupun yang bersangkutan itu kirim surat ke Bareskrim. Kita akan melakukan pemeriksaan Jumat besok,“ ujar Argo.

Anita Kolopaking (tengah), pengacara terpidana Djoko Soegiarto Tjandra (@a_kolopaking2018)

Sepeti diberitakan, Anita Kolopaking telah dijadikan tersangka dengan jeratan Pasal 263 ayat (2) KUHP terkait penggunaan surat palsu.

Ia juga dijerat Pasal 223 KUHP yaitu barangsiapa dengan melepaskan atau memberi pertolongan kepada orang yang ditahan atas perintah penguasa umum, atas putusan atau ketetapan hakim.

Baca Juga

Akhir Pelarian Buron Kakap Djoko Tjandra

Anita Kolopaking juga telah dicegah ke luar negeri sejak 22 Juli 2020 dan 20 hari berikutnya setelah Bareskrim mengirim surat ke Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Bandara Soekarno-Hatta. (Knu)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH