berita-singlepost-banner-1
 Jika Bertarung Lawan Anies di Pilpres 2024, Sandiaga Uno Lebih Berpeluang Sandiaga Uno saat debat Capres-Cawapres pada Pilpres 2019 lalu (Foto: antaranews)
berita-singlepost-banner-2
berita-singlepost-mobile-banner-7

MerahPutih.Com - Pengamat politik Wempy Hadir menilai, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno memiliki modal yang cukup untuk menjadi calon presiden (capres) di Pilpres 2024 mendatang.

Hal itu disampaikan Wempy menanggapi sinyal dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan (BG) soal Sandiaga di Pilpres 2024.

Baca Juga:

Dua Kendala Anies Baswedan Tidak Mampu Bersaing di Pilpres 2024

"Sandi itu sudah menjadi tokoh publik. Pilpres kemarin itu dampak positif buat Sandi adalah secara politik dia dikenal oleh masyarakat. Artinya dia punya modal sosial. Dengan demikian dia punya kans untuk maju di Pilpres 2024," Kata Wempy kepada wartawan di Jakarta, Minggu (26/1).

Pengamat politik Wempy Hadir sebut Sandi lebih berpeluang menang lawan Anies di Pilpres 2024
Pengamat politik Wempy Hadir (Foto: Dok Pribadi)

Selain itu, ia menilai Sandi memiliki rekam jejak sebagai tokoh multikultural sehingga lebih mudah diterima di semua kalangan ketimbang tokoh lain yang digadang-gadang bakal maju di Pilpres 2024 seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Yang kedua secara personal Sandi itu diterima oleh semua orang. Rekam jejaknya Sandi ini orangnya multikultural, sangat menerima perbedaan dan sebagainya. Itu menjadi antitesa dengan beberapa kandidat yang lain, katakanlah seperti Anies," ucap dia.

"Anies boleh saja dia menjadi gubernur, tapi kalau dilihat soal primadona publik, Sandi itu lebih punya banyak massa di seluruh Indonesia ketimbang Anies. Apalagi rekam jejak Pilkada DKI kemarin (soal isu SARA) itu jadi kabar buruk buat Anies secara nasional. Elit-elit juga tidak nyaman dengan dia (Anies)," sambung Wempy.

Direktur Eksekutif Indopolling Network ini menegaskan, tidak salah jika banyak tokoh yang menjagokan Sandi di Pilpres 2024, karena mantan cawapres itu memiliki logistik, modal sosial dan model politik.

"Sandi itu punya kans. Apalagi dia punya logistik, modal sosial dan model politik. Sandi lebih diterima di semua kalangan dibandingkan Anies, dia lebih inklusif dibanding Anies. Dengan demikian tidak salah kalau elit-elit politik hari ini mulai melirik Sandi sebagai salah satu calon potensial buat 2024," pungkasnya.

Baca Juga:

Nama-nama Tokoh dan Pejabat yang Berpotensi Bertarung di Pilpres 2024

Sebelumnya, Jokowi memberi sinyal Sandiaga menjadi kandidat kuat cawapres di Pilpres 2024 ketika menghadiri acara HIPMI pada (15/1/2020). Saat itu, Jokowi menyapa seluruh eks ketua umum BPP Hipmi. Namun, dia mengaku hanya mengingat Sandiaga.

"Yang saya hormati senior-senior Hipmi mantan ketua umum yang tidak bisa sebutkan satu per satu. Yang hafal hanya satu Bapak Sandiaga Uno. Hati-hati 2024," kata Jokowi disambut riuh teriakan para peserta.(Knu)

Baca Juga:

Gerindra dan PDIP Berkoalisi di Pilpres 2024, Fadli Zon: Masih Terlalu Dini


berita-singlepost-mobile-banner-3

Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH


berita-singlepost-banner-4
berita-singlepost-banner-5
berita-singlepost-banner-6