Jet Tempur Tiongkok Cegat Pesawat Mata-mata AS

Zulfikar SyZulfikar Sy - Sabtu, 20 Mei 2017
Jet Tempur Tiongkok Cegat Pesawat Mata-mata AS
Presiden AS Donald Trump bersama Presiden China Xi Jinping di wilayah bagian Mar-a-Lago di Palm Beach, Kamis (6/4). (ANTARA FOTO/REUTERS/Carlos Barria)

Dua jet tempur SU-30 Tiongkok mencegat pesawat Amerika Serikat (AS) yang dinilai beraksi tidak profesional, Kamis (20/5).

Pesawat AS yang dirancang untuk mendeteksi radiasi itu dicegat jet tempur Tiongkok di wilayah udara internasional di atas Laut China Timur.

"Masalahnya sedang ditangani dengan Tiongkok melalui saluran diplomatik dan militer yang tepat," kata juru bicara Angkatan Udara AS Letnan Kolonel Lori Hodge.

Hodge mengatakan, penilaian AS atas insiden tersebut didasarkan pada laporan awal dari awak udara yang berada dalam pesawat WC-135 Constant Phoenix atas manuver oleh pilot Tiongkok, serta kecepatan dan jarak kedua pesawat terbang tersebut.

Ia juga menyampaikan bahwa penyelidikan yang dilakukan militer AS terhadap insiden pencegatan itu sedang berlangsung.

Hodge mengatakan bahwa WC-135 melaksanakan misi rutin pada saat kejadian dan beroperasi sesuai dengan hukum internasional.

Tiongkok sangat curiga terhadap aktivitas militer AS di Laut China Selatan yang kaya sumber daya.

Pada 8 Februari, sebuah pesawat mata-mata Angkatan Laut AS P-3 Orion dan satu pesawat militer Tiongkok saling berdekatan satu sama lain di Laut China Selatan dalam sebuah insiden yang dianggap AL AS sebagai tindakan yang berbahaya.

Reuters melaporkan pada kedua pesawat berada dalam jarak hanya sekitar 305 meter satu sama lain di sekitar Scarborough Shoal, lokasi di antara Filipina dan daratan Tiongkok.

Sumber: ANTARA

#Amerika Serikat #Tiongkok
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan