Headline

Jet Tempur Israel Gempur Bagian Timur Gaza, Terowongan Hamas Hancur

Eddy FloEddy Flo - Minggu, 18 Maret 2018
Jet Tempur Israel Gempur Bagian Timur Gaza, Terowongan Hamas Hancur
Bocah Palestina digendong melihat lokasi serangan udara Israel, di selatan kota Gaza, Minggu (18/3).(ANTARA FOTO/REUTERS/Ibraheem Abu Mustafa)

MerahPutih.Com - Israel terus menekan kelompok Hamas yang bermarkas di bagian timur Kota Gaza. Dalam serangan terbaru yang dilancarkan pada Minggu (18/3), jet tempur Israel menembakan empat rudal ke arah salah satu instalasi militer milik Palestina.

Berdasarkan keterangan sejumlah saksi mata dan petugas keamanan Hamas menuturkan serangan jet tempur Israel mengincar kawasan timur Gaza dan tidak ada korban dalam serangan tersebut.

Beberapa saksi mata mengatakan pesawat tempur Israel terbang di atas Kota Gaza, lalu suara beberapa ledakan terdengar di bagian Kota Gaza, Permukiman Zaytoon Timur. Dampak serangan udara Israel itu merusak satu pabrik lokal di daerah tersebut.

Seorang juru bicara militer Israel mengatakan di dalam satu pernyataan resmi bahwa pesawat tempur Israel mengincar pos militer Gerakan Perlawanan Islam (Hamas) di bagian timur Kota Gaza sebagai reaksi atas peledakan bom pinggir jalan di dekat perbatasan Israel dengan Jalur Gaza.

Pada Sabtu siang, tank militer Israel menembakkan tiga bom ke bagian timur Jalur Gaza, tapi tak ada laporan mengenai korban cedera, kata beberapa pejabat keamanan Hamas di Jalur Gaza.

Pemboman oleh tank Israel dilancarkan tak lama setelah satu bom pinggir jalan diledakkan di perbatasan antara bagian timur Kota Gaza dan Israel. Satu orang Palestina menderita luka ringan, kata Kementerian Kesehatan di Jalur Gaza.

Sebagaimana dilansir Antara dari Reuters pasukan militer Israel juga menghancurkan sebuah terowongan di Jalur Gaza yang digali oleh kelompok Hamas untuk menggelar serangan lintas batas wilayah, kata otoritas setempat.

Terowongan yang sama sudah pernah dihancurkan pada masa perang Gaza pada 2014 dan Hamas berupaya untuk kembali membangunnya, kata seorang juru bicara militer Israel.

Terowongan itu digali dari dalam kawasan Jalur Gaza, beberapa ratus meter dari pagar pembatas Israel. Pasukan Israel tidak melewati perbatasan saat melakukan operasi itu dengan menggunakan sebuah teknik baru, kata Letnan Kolonel Jonathan Concricus kepada para wartawan.

"Kami tidak menggunakan alat peledak. Terowongan itu dibangun dengan material tertentu dengan campuran tertentu," kata Conricus tanpa menjelaskan lebih jauh.

Hingga kini belum ada komentar dari pihak Hamas, yang merupakan kelompok Palestina yang cukup dominan di Jalur Gaza dan selama ini menjadi musuh utama Israel.

Israel menarik pasukannya dari Gaza sejak tahun 2005, namun masih menerapkan penjagaan ketat di perbatasan darat dan laut wilayah tersebut.

Pada masa periode perang Gaza tahun 2014, para pejuang Hamas menggunakan terowongan-terowongan untuk bersembunyi dari pasukan militer Israel yang mempunyai senjata lebih canggih.

Sejak saat itu, Israel menerapkan sejumlah strategi balasan, termasuk pembangunan sebuah dinding bawah tanah, yang dilengkapi dengan sebuah sensor, sepanjang 60 km di perbatasan Gaza.

Pembangunan dinding itu menghabiskan dana sekitar 1,1 miliar dolar AS dan diperkirakan akan selesai pada pertengahan tahun 2019.

"Berdasarkan informasi intelejen terpercaya dan terobosan teknologi, Israel berhasil menghancurkan terowongan-terowongan Hamas satu demi satu," kata Menteri Pertahanan Israel Avigdor Lieberman dalam pernyataan tertulis.(*)

#Israel #Jalur Gaza #Konflik Palestina
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan