Jersey Basket Obama Laku Rp1,7 Miliar Barack Obama ketika menjadi pemain bola basket SMA Punahou. (Foto: nbcnews)

MANTAN presiden Amerika Serikat, Barack Obama ketika masih muda pernah menjadi pemain basket amatir. Ia mengenakan jersey bernomor 23, seperti Jordan. Laman AFP menuliskan jersey basket itu dilelang oleh Heritage Auctions di Dallas, laku USD120 ribu atau setara dengan Rp1,7 miliar.

Jersey itu dipakai oleh Obama ketika berusia 18 tahun sewaktu bersekolah di SMA Punahou di Hawaii. Obama merupakan salah satu anggota tim basket pada Kejuaraan Hawaii State 1979.

Baca Juga: Kembali Muncul, Ford GT40 Roadster Masuk Daftar Lelang

jersey
Jersey basket yang dikenakan Obama ketika berusia 18 tahun. (Foto: Heritage Auctions)

Menurut Heritage Auctions, baju tersebut dibeli oleh seorang kolektor artefak Amerika yang tidak ingin disebutkan namanya. Penjual jersey Obama adalah Peter Noble, adik kelas Obama semasa SMA. Dilansir dari Sport Illustrated, Noble merupakan junior Obama di tim basket yang kebetulan menjadi penerus jersey dengan nomor punggung 23. Ia tidak menyadari bahwa jersey yang ditemukannya itu adalah milik Obama. Ia baru sadar ketika membaca sebuah artikel di Sport Illustrated bahwa Obama mengenakan jersey nomor 23.

Jersey tersebut awalnya dihargai sebesar 100 ribu dolar yang kemudian laku terjual 20 ribu dolar lebih mahal. Persaingan untuk membeli jersey ini pun cukup sengit. Ada sekitar 27 orang berusaha memenangkan pelelangan jersey itu.

Baca Juga: Cetakan Edisi Perdana Harry Potter Terjual Rp490 Juta

kerja
Obama semasa muda menjadi anggota tim bola basket di Punahou. (Foto usatftw)

Noble mengatakan bahwa sebagian dari hasil pendapatan lelang akan disumbangkan ke sekolah untuk mendukung tim Punahou.

Obama sangat gemar dengan olahraga bola basket. Selama menjabat menjadi Presiden AS, Obama sering bermain basket bersama staf kepresidenan, selebritas, atau tamu istana. Ia juga mendukung dan turut hadir dalam setiap kesempatan pertandingan bola basket. Seperti menghadiri pertandingan antara Raptors dengan Warriors di babak ke-2 Final NBA, dan persaingan antara Duke vs UNC pada Februari 2019 lalu. Tak hanya itu, Obama juga mendukung turnamen National Collegiate Athletic Association (NCAA) dan menerima NBA Final di Gedung Putih. (and)

Baca Juga: Surat Einstein yang Menyatakan Kegilaan Hitler Terjual Rp1,9 M



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH