Jerman ke Final Piala Dunia U-17

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 28 November 2023
Jerman ke Final Piala Dunia U-17
Kegembiraan pemain Jerman setelah menang adu penalti lawan Argentina di laga semifinal Piala Dunia U-17, Selasa (28/11). Foto: Twitter/FIFA

MerahPutih.com - Timnas Jerman U-17 memastikan satu tempat di final Piala Dunia U-17 setelah menyingkirkan Argentina secara dramatis melalui drama adu penalti dengan skor 4-2 usai bermain imbang 3-3 pada waktu normal di semifinal di Stadion Manahan, Solo, Selasa (28/11).

Tim Tango mendapatkan peluang emas pada detik ke-9. Sayangnya, Claudio Echeverri gagal mengonversi kesempatan itu menjadi gol setelah sepakannya mengenai sisi tiang luar gawang.

Baca Juga

Jadwal Semifinal Piala Dunia U-17: Argentina Vs Jerman dan Prancis Vs Mali

Justru, Jerman yang mencetak gol lebih dahulu melalui Paris Brunner pada menit ke-9. Bola tendangannya dari sudut sempit mengalir deras ke gawang Argentina kawalan Jeremias Florentin. Skor 1-0 untuk Jerman.

Tertinggal satu gol, tim asuhan Diego Placente itu terus melancarkan serangan ke gawang Jerman. Permainan bola-bola pendek tim Tango muda lalu menghasilkan peluang berbahaya pada menit ke-22 melalui tendangan jarak dekat Gustavo Albarracin yang sayangnya masih ditepis Heide.

Baru pada menit ke-35, Argentina mampu menyamakan kedudukan setelah beberapa kali gagal mengonversikan peluang. Agustin Ruberto yang menjadi ujung tombak La Albiceleste mencatatkan namanya ke papan skor setelah menerima umpan Dylan Gorosito yang mencuri bola dari Brunner.

Di sisa 45 menit pertama, kedua tim saling berlomba untuk menutup babak pembuka itu dengan keunggulan. Pada menit ke-45+3, melalui skema serangan barik cepat Brunner, sang pencetak gol pertama, hampir membuat fans Jerman tersenyum. Sayangnya, tendangan plesing kaki kanannya masih di atas mistar gawang Argentina.

Baca Juga

Semifinal Piala Dunia U-17 Sore Ini: Adu Mental Jerman Vs Argentina

Sebaliknya, beberapa detik setelah peluang emas Brunner, Argentina yang menguasai jalannya laga sejak awal dengan 69 persen penguasaan bola, menutup babak pertama dengan keunggulan 2-1 setelah Ruberto membuat brace.

Memasuki babak kedua, Argentina menguasai jalannya laga. Jerman lebih menunggu untuk melakukan serangan balik.

Berkali-kali Albiceleste mendapat peluang, namun masih belum menemui sasaran. Justru Der Panzer yang mencetak penyama kedudukan.

Bola sapuan kiper Florentin justru jatuh di kaki Brunner. Ia melepaskan tendangan plecing yang merobek gawang Argentina pada menit ke-58. Skor imbang 2-2.

Jerman di atas angin seelah Max Moerstedt mencetak gol pada menit ke-69. Bola umpan pemain Jerman memantul pemain Argentina yang kemudian ditanduk Moerstedt. Skor 3-2 untuk Jerman.

Di saat pertandingan akan berakhir, Argentina berhasil menyamakan kedudukan melalui torehan hat-trick Ruberto pada menit ke-90+7. Bola umpan terobosan dari lini tengah dikonversi menjadi gol melalui sepakan kaki kanannya. Skor imbang 3-3. Pertandingan dilanjutkan ke babak adu penalti.

Pada babak adu penalti, dua eksekutor pertama Argentina gagal. Sedangkan dua penendang selanjutnya berhasil.

Jerman hanya satu kali gagal dari lima penendang. Jerman melaju ke final dan akan melawan pemenang laga semifinal lainnya antara Prancis melawan Mali.

Sementara itu, kegagalan di semifinal melanjutkan catatan Argentina muda yang belum pernah menembus partai final kejuaraan dwi tahunan ini dari 15 kali partisipasi mereka sejak edisi pertama 1985. (Bolaskor)

Baca Juga

Timnas Mali U-17 Sesumbar Bikin 10 Gol Lawan Prancis di Semifinal

#Piala Dunia U-17 #Breaking
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan