Jerman Buat Kampanye 'Temukan Beethoven' Guna Tingkatkan Wisatawan Beethoven menjadi kebanggan Jerman (Foto: Pixabay/E_W)

LUDWIG van Beethoven menjadi salah satu yang dibanggakan oleh Jerman. Meski hidup ratusan tahun lalu, sosok ini selalu dikenang dan menjadi acuan para komponis dunia dalam membuat karya. Kesempatan ini dipakai oleh Badan Pariwisata Nasional Jerman (GNTB) untuk membuat kampanye wisata.

Dilansir dari Antaranews.com, Sabtu (22/2) GNTB meluncurkan kampanye global 'Temukan Beethoven' untuk menarik lebih banyak turis datang ke Jerman. Kampanye ini bertepatan dengan peringatan 250 tahun kelahiran komponis musik klasik Ludwig van Beethoven.

Baca juga:

Mandy Moore Bakal 'Comeback' dengan Album Baru Setelah Absen 11 Tahun

Patung Beethoven (HO)
Patung Beethoven (HO)

"Tahun lalu, masyarakat Eropa yang menyukai pengalaman kebudayaan melakukan 21,8 juta perjalanan ke Jerman, yang menandakan bahwa Jerman adalah destinasi kebudayaan nomor satu bagi pengunjung dari benua Eropa," ucap Petra Hedorfer, CEO GNTB dalam siaran resmi.

Nantinya, GNTB akan menggunakan elemen digital sebagai bagian dari kampanye. Gunanya untuk meningkatkan posisi Jerman sebagai 'negara musik'. Turis juga akan diajak berkunjung ke Kota Bonn, tempat kelahiran Beethoven.

"Selain poin utama yang menarik di wilayah Bonn, kampanye kami juga akan menampilkan berbagai kegiatan di seluruh Jerman yang dirancang untuk mendorong permintaan pariwisata budaya secara umum dan juga untuk tema inti Jerman - 'Negara Musik' pada khususnya," lanjutnya.

Baca juga:

4 Aksesori yang Sedang Tren di Tahun 2020, Kamu Punya Gak?

Beethoven memang menjadi komponis terkenal (Foto: Pixabay/Ri_Ya)
Beethoven memang menjadi komponis terkenal (Foto: Pixabay/Ri_Ya)

Format komunikasi digital terbaru menjadi alat untuk mengenalkan warisan klasik Beethoven secara kontemporer. Misalnya aplikasi realitas virtual yang menawarkan pengalaman menarik untuk pengunjung internasional, dengan memainkan bagian dari Simfoni Kesembilan bersama Beethoven menggunakan piano.

Terdapat pula augmented reality, sebuah teknologi yang memungkinkan orang mengambil foto secara langsung dengan Beethoven.

GNTB sudah menandatangani kerja sama dengan Beethoven Jubiläums Gesellschaft mbH, anak perusahaan dari Beethoven-Haus Foundation, organisasi yang punya kewenangan membentuk, mempromosikan, dan mengkoordinasikan perayaan kelahiran Beethoven. (Yni)

Baca juga:

Diskusi untuk Mendukung Transformasi Pendidikan di Indonesia


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH