Jerawat Ngacir dengan Lidah Buaya, Buruan Coba! Lidah buaya. (Foto: Pixabay)

LIDAH buaya bisa bikin kulit kinclong. Jadi enggak usah heran kalau banyak kosmetika buatan Korea yang menjadikan lidah buaya sebagai bahan baku.

Tengok saja CORSX, Nature Republic, Innisfree, Face Shop, Holika Holika, Etude House, dan dan Skin Food. Sebenarnya manfaat lidah buaya untuk perawatan kulit wajah telah lama diketahui. Alasannya jelas: lidah buaya kaya nutrisi.

Dermatologist dari Delhi, India, dr Deepali Bhardwaj, menyebutkan lidah buaya alias aloe vera mengandung vitamin C, E, dan beta karoten. "Bahan-bahan tersebut dapat menutrisi kulit dan mencegah penuaan dini," terangnya seperti dikutip NDTV.

Bagi pemilik kulit kering, aloe vera juga bisa melembapkan tanpa menciptakan tekstur lengket. Meski begitu, dr Deepali menjelaskan bahwa lidah buaya dapat diaplikasikan pada berbagai tipe kulit. Mulai dari kulit yang kering, sensitif hingga berjerawat.

Di kota-kota yang dingin seperti Bandung dan Malang, lidah buaya amat bagus untuk melembapkan kulit. Saat kulit belang akibat terpapar cahaya matahari yang terik, lidah buaya juga bisa menjadi solusi.

Meramu sendiri

Untuk mendapatkan manfaat lidah buaya, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Berikut aneka resep perawatan wajah berbasis lidah buaya yang dapat Anda buat di rumah.

1. Aloe vera untuk merawat kulit kering

Ambil daging lidah buaya yang sudah dicuci bersih dan dihaluskan, sejumput bubuk kunyit, 1 sendok teh madu, 1 sendok teh susu, dan beberapa tetes air mawar. Aduk hingga membentuk pasta. Aplikasikan pada wajah, lalu biarkan 20 menit.

2. Scrub aloe vera

Siapkan setengah cangkir daging lidah buaya yang telah dihaluskan, secangkir gula pasir, dan dua sendok makan jus lemon. Gula akan mengeksfoliasi atau mengangkat kulit mati. Aloe vera membersihkan kulit. Lemon menghilangkan luka bekas jerawat dan mencerahkan warna kulit. Campur rata, oleskan pada wajah dan kulit.

3. Mengusir jerawat

Taruh lidah buaya yang telah dihaluskan, walnut bubuk, madu, dan tepung terigu. Aduk hingga menjadi pasta. Ramuan ini kaya antioksidan serta berkhasiat untuk melembutkan dan membersihkan kulit wajah. Jerawat juga bisa mengecil. Untuk menguji apakah kulit Anda alergi lidah buaya, tes terlebih dahulu pada leher. Jika tidak ada gejala alergi seperti kulit merah atau bentol, Anda bisa mencoba pada wajah.

4. Aloe vera untuk kulit sensitif

Lidah buaya yang telah dihancurkan dicampur dengan jus mentimun, yogurt, serta minyak mawar. Aduk hingga menyerupai pasta. Aplikasikan pada kulit wajah, biarkan 20 menit. Setelah 20 menit, cuci wajah dengan air bersih.

Sesuaikan resep tersebut dengan tipe kulit wajah Anda. Jangan lupa, biasakan melakukan pengujian pada leher sebelum mengaplikasikannya di seluruh wajah. Selamat mencoba! (*)


Selain menghaluskan kulit wajah, lidah buaya juga bisa menjadi pencahar alami. Dapatkan resepnya di sini: Lidah Buaya, Si Pencahar Alami. Ini Caranya...

Kredit : rina


Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH