Jepang-Korsel Sepakat Menentang Tindakan Korut

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 05 September 2017
Jepang-Korsel Sepakat Menentang Tindakan Korut
Pasukan Korea Selatan menembakkan Rudal Hyunmoo ke perairan Laut Timur dalam latihan militer di Korea Selatan, Senin (4/9). (ANTARA FOTO/Defense Ministry/Yonhap/via REUTERS)

MerahPutih.com - Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in untuk memberikan tekanan lebih besar kepada Korea Utara, termasuk resolusi lebih kuat dari Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Jiji Press menyatakan Abe dan Moon melakukan pembicaraan telepon pada Senin (4/9). Keduanya berbicara setelah Korea Utara melakukan uji nuklir keenamnya pada Minggu.

Sementara itu, Korea Selatan pada kesempatan sama menyatakan merencanakan pelatihan militer tambahan bersama Amerika Serikat sebagai tanggapan atas uji terbesar nuklir Korea Utara sehari sebelumnya.

Di saat bersamaan, Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa dijadwalkan menggelar sidang untuk membahas sanksi baru bagi Pyongyang.

Kantor kepala staf gabungan dalam pernyataan tertulis menyatakan, angkatan udara dan darat Korea Selatan menggelar pelatihan melibatkan penembakan peluru kendali pada Senin. Pelatihan tambahan tengah disiapkan bersama pasukan Amerika Serikat.

Korea Utara mengaku menguji bom nuklir, yang bisa menjadi hulu ledak rudal antar-benua. Amerika Serikat langsung merespon dengan mengancam akan melakukan balasan militer besar jika merasa terancam.

Trump sendiri sebelumnya sempat berjanji akan menghentikan pengembangan persenjataan nuklir dari Korea Utara. Dia mengancam akan menyerang negara itu jika wilayah Amerika Serikat terancam. (*)

Sumber: ANTARA

#Jepang #Korea Utara
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan