Jepang-Korea Utara Susun Pertemuan Kim Jong Un dengan PM Abe

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 30 Maret 2018
Jepang-Korea Utara Susun Pertemuan Kim Jong Un dengan PM Abe
Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe (kiri) menghadiri sidang parlemen majelis tinggis di Tokyo, Jepang, Senin (19/3). (ANTARA FOTO/REUTERS/Issei Kato)

MerahPutih.com - Jepang telah menyuarakan kepada pemerintah Korea Utara tentang pertemuan bilateral, dan Pyongyang telah membahas kemungkinan pertemuan pemimpin dengan Jepang.

Demikian dilaporkan surat kabar Asahi Jepang, Kamis (29/3), dilansir dari Antara.

Pemerintah Kim Jong Un telah menginformasikan kepada para pemimpin Partai Pekerja Korea yang berkuasa di Korea Utara mengenai kemungkinan pertemuan puncak dengan Jepang, mengutip nara sumber yang tidak disebutkan identitasnya dan surat pengarahan Korea Utara.

Pemerintah Jepang telah menyatakan keinginan untuk menjadi tuan rumah pertemuan para pemimpin, melalui Asosiasi Umum Penduduk Korea di Jepang atau Chongryong, kedutaan de facto Pyongyang di Jepang.

Sumber informasi di pemerintah Jepang mengatakan pada pertengahan Maret bahwa Jepang sedang mempertimbangkan untuk mengadakan pertemuan puncak antara Perdana MenteriJepang telah menyuarakan kepada pemerintah Korea Utara tentang pertemuan bilateral dan pemimpin Korea Utara Kim untuk membahas warga Jepang yang diculik oleh agen Korea Utara beberapa dasawarsa lalu.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menghadiri uji jalan tram tanpa rel, dalam foto tanpa tanggal yang disiarkan oleh Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA) di Pyongyang, Minggu (4/2). (ANTARA FOTO/KCNA/via REUTERS)
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menghadiri uji jalan tram tanpa rel, dalam foto tanpa tanggal yang disiarkan oleh Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA) di Pyongyang, Minggu (4/2). (ANTARA FOTO/KCNA/via REUTERS)

Dalam sebuah artikel dari Korea Selatan, Asahi menulis bahwa pemerintah Kim telah menjelaskan rencana diplomatik bilateral untuk Korea Selatan, Amerika Serikat, Tiongkok, Jepang dan Rusia, dalam perintah tersebut.

Kim bertemu Presiden Xi Jinping di Tiongkok minggu ini, perjalanan pertamanya ke luar negeri sebagai pemimpin Korea Utara. KTT dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan Presiden AS Donald Trump sedang direncanakan masing-masing pada bulan April dan Mei.

Makalah pengarahan Korea Utara mengutip kemungkinan KTT Jepang berlangsung pada awal Juni, kata Asahi.

Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono membuka kemungkinan bahwa Abe akan bertemu Kim di beberapa titik. Kono mengatakan dalam sebuah wawancara dengan Reuters pada hari Selasa, Jepang mengamati dengan seksama persiapan untuk KTT Korea Utara-Selatan dan pertemuan Trump-Kim.

Asahi mengutip sumber lain yang tidak disebutkan namanya yang mengatakan mitra dialog Korea Utara tentang masalah keamanan adalah Amerika, tetapi bahwa negara hanya dapat berharap untuk bantuan keuangan berskala besar dari Jepang.

Korea Utara berharap mendapatkan Rp276-690 triliun bantuan dari Jepang jika menormalkan hubungan, kata surat kabar itu. Tetapi dikatakan bahwa makalah pengarahan itu tidak menawarkan secara spesifik tentang langkah-langkah untuk menormalkan hubungan bilateral, seperti yang disetujui pada 2002.

Langkah-langkah tersebut termasuk menyelesaikan masalah korban penculikan, serta pengembangan rudal dan senjata nuklir Pyongyang. (*)

#PM Shinzo Abe #Kim Jong Un
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan