Jepang-Indonesia Sepakat Perkuat Kerjasama Pertahanan Demi Kemajuan Kedua Negara

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Kamis, 11 Juli 2019
Jepang-Indonesia Sepakat Perkuat Kerjasama Pertahanan Demi Kemajuan Kedua Negara
Dubes Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii (MP/Kanugraha)

Merahputih.com - Kedutaan Besar Jepang di Indonesia menggelar acara resepsi Japan Self-Defense Forces Day. Kegiatan ini mengundang seluruh atase pertahanan keamanan dalam dan luar negeri. Resepsi yang mengundang 200an tamu ini berlangsung santai.

Dubes Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii mengatakan kegiatan ini sebagai sarana merekatkan hubungan pertahanan antara Jepang dengan negara-negara sahabat termasuk Indonesia.

BACA JUGA: Hemat Anggaran, Liburan Murah Meriah di Tokyo Jepang

"Kita harus meningkatkan peran penting perdamaian dan stabilitas di kawasan ini dan juga secara global. Sehingga perlu didukung oleh negara-negara termasuk Indonesia," kata Masafumi di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta Pusat, Kamis (11/7).

Japan Self-Defense Forces Day di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta Pusat, Kamis (11/7). Kegiatan ini mengundang seluruh atase pertahanan keamanan dalam dan luar negeri (MP/Kanugraha)

Masafumi sangat optimis bahwa hubungan Indonesia dan Jepang akan terus berlanjut menjadi lebih baik. Sehingga terjadi kesuksesan diantara kedua negara yang sudah bersahabat sekitar 61 tahun ini.

"Jepang tumbuh subur secara intensif selalu menjadi salah satu mitra perjalanannya terutama di sektor pendidikan perdagangan dan investasi," jelas Masafumi.

Dubes Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii bersama Menteri Susi Pudjiastuti (MP/Kanugraha)

Kerjasama pertahanan antara Indonesia dengan Jepang, lanjut Masafumi, sudah terjalin dengan baik. Buktinya, kedua negara saling bertukar perwira terbaiknya untuk memperkuat kerjasama pertahanan.

"Kita perlu menyatukan sumber daya kita, kita perlu waktu untuk bergabung dengan kapal-kapal Jepang yang datang ke Indonesia yang berlangsung tahun ini, kita perlu titik kontak," terang Masafumi.

BACA JUGA: Menikmati Little Edo di Prefektur Saitama Jepang

Sementara itu, perwakilan Indonesia, Brigjen Dadang Ahmad yakin hubungan antara Indonesia dengan Jepang kedepannya akan lebih baik lagi. Mengingat tantangan global yang semakin berat.

"Kami mengucapkan selamat kepada Jepang atas pertahanan pasukan yang kuat. Serta pelayanan publik dari generasi ke generasi yang semakin maju," jelas Dadang. (Knu)

#Jepang
Bagikan
Bagikan