Jepang Dilanda Flu Burung, 143 Ribu Ayam Dimusnahkan

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Rabu, 10 November 2021
Jepang Dilanda Flu Burung, 143 Ribu Ayam Dimusnahkan
Ayam mati mendadak setelah terserang virus flu burung H5N8 (ANTARA/Aziz Munajar/HO-PDHI Sumsel/20)

MerahPutih.com - Pemerintah Jepang mendeteksi adanya wabah flu burung pertama pada musim dingin tahun ini. Bahkan, otoritas negara tersebut meyakini flu burung ini, tidak menuluar ke manusia.

Kementerian Pertanian Jepang memusnahkan 143.000 ekor ayam petelur di peternakan Kota Yokote di Prefektur Akita dan menetapkan zona terlarang hingga 10 km dari lokasi.

Baca Juga:

Temuan Flu Burung, Denmark Musnahkan 25.000 Ekor Ayam

"Dengan situasi di Jepang saat ini, kami tidak percaya bahwa ada kemungkinan flu burung menular ke manusia melalui konsumsi daging ayam atau telur," kata kementerian dalam situs resminya pada Rabu (10/11).

Musim dingin lalu, Jepang mengalami musim flu terburuk di peternakan ketika lebih dari 3 juta ekor ayam dimusnahkan dan seperempat prefektur negara itu terkena dampaknya.

Jepang memiliki populasi ayam petelur sekitar 185 juta ekor dan ayam pedaging 138 juta ekor, menurut data kementerian pertanian.

Peta Jepang. (Foto: google map)
Peta Jepang. (Foto: google map)

Dikutip Antara, peningkatan jumlah orang di Tiongkok atau China, yang terinfeksi flu burung tahun ini berubah menjadi sumber kekhawatiran di kalangan ahli epidemiologi, terutama saat dunia perlahan pulih dari pandemi COVID-19.

Tiongkok telah melaporkan 21 infeksi flu burung subtipe H5N6 pada manusia tahun ini, dengan enam orang meninggal dan banyak lainnya sakit kritis ke Organisasi Kesehatan Dunia. Jumlah kasus itu meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya lima.

Wabah flu burung juga telah dilaporkan dalam beberapa hari dan minggu terakhir di Eropa. Sebuah peternakan di Polandia menjadi lokasi terbaru sumber infeksi, di mana total 650.000 ekor unggas tertular. (*)

Baca Juga:

Kasus Kedua Flu Burung, Belanda Musnahkan Ratusan Ribu Ayam

#Flu Burung #Jepang
Bagikan
Bagikan