Jepang dan Indonesia Kutuk Penembakan Rudal Hwasong-12 Milik Korea Utara

Luhung SaptoLuhung Sapto - Selasa, 29 Agustus 2017
Jepang dan Indonesia Kutuk Penembakan Rudal Hwasong-12 Milik Korea Utara
Intercontinental ballistic missile (ICBM) Hwasong-14. (Foto REUTERS/KCNA)

MerahPutih.com - Korea Utara menembakkan sebuah rudal Hwasong-12 dari dekat ibu kota Pyongyang yang melintasi wilayah udara Jepang dan jatuh di Samudra Pasifik di lepas pantai Pulau Hokaido. Rudal melesat ke arah timur dengan jarak hampir 3.000 km.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengutuk keras tindakan Korea Utara yang menembakkan rudal melintasi wilayah Jepang.

"Tindakan Gegabah Korea Utara ini belum pernah terjadi sebelumnya, serius, dan merupakan ancaman serius bagi negara kita," kata Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Selasa (29/8).

Militer Jepang tidak berusaha menembak jatuh rudal yang melewati wilayahnya sekitar pukul 06.07 waktu setempat (pukul 2107 GMT). Rudal itu pun pecah menjadi tiga bagian dan jatuh ke perairan di Hokkaido.

Sementara itu Pemerintah Indonesia mengecam uji coba peluncuran rudal yang dilakukan oleh Korea Utara. Karena melewati ruang udara negara lain dan membahayakan jalur penerbangan.

Pemerintah Indonesia menegaskan bahwa tindakan uji coba rudal tersebut bertentangan dengan kewajiban Korea Utara terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB terkait, khususnya resolusi 2270 (2016), 2321 (2016), 2356 (2017), dan 2371 (2017).

Untuk itu, Indonesia mendesak Korea Utara agar sepenuhnya memenuhi kewajiban internasionalnya, termasuk melaksanakan sepenuhnya resolusi-resolusi Dewan Keamanan PBB.

Pemerintah Indonesia mendorong semua pihak untuk dapat menahan diri dan tidak melakukan berbagai tindakan yang dapat menambah ketegangan di Semenanjung Korea.

Sumber: Bloomberg/Reuters/ANTARA

#Korea Utara #Peluncuran Rudal Korut
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan