Jepang Akan Survei IKN Nusantara

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Jumat, 18 November 2022
Jepang Akan Survei IKN Nusantara
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kanan) dan Wakil Menteri Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata Jepang Mizushima. (Foto: Kementerian PUPR)

MeahPutih.com - Pemerintah terus mematangkan pembangunan IKN Nusantaa agar menyedot banyak investasi. Kementerian PUPR berharap dapat dipercepat proses penyusunan rencana teknis rincinya.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Indonesia tengah memperkuat kerja sama pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dengan Jepang dalam pertemuan bilateral yang menjadi bagian KTT G20 di Bali.

Baca Juga:

Menpan RB Belum Putuskan Skenario Pemindahan ASN ke IKN Nusantara

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan, terima kasih kepada Pemerintah Jepang khususnya MLIT dan JICA yang telah membantu mengirimkan beberapa tenaga ahli, terutama untuk supervisi pembangunan infrastruktur IKN yang sedang berlangsung.

Basuki mengungkapkan Kementerian PUPR sudah memulai pembangunan infrastruktur dasar di IKN sejak awal September 2022 lalu, di antaranya pembangunan jalan tol dan jalan nasional, penyediaan air baku, rumah untuk pekerja konstruksi IKN, serta penyiapan lahan siap bangun (land development).

Terkait dengan pertanyaan kemungkinan partisipasi investor, Basuki menegaskan, sesuai arahan Presiden Jokowi untuk mempercepat pembangunan IKN, investor asing juga dapat terlibat misalnya untuk membangun rumah sakit, sekolah, pasar, dan infrastruktur lainnya.

"Diharapkan para pengusaha Jepang bisa ikut berinvestasi dalam pembangunan IKN," katanya.

Wakil Menteri Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata (MLIT) Jepang Mizushima mengatakan, Jepang memiliki ketertarikan yang besar terhadap proyek IKN.

Berdasarkan permohonan Menteri MLIT, JICA telah mengajukan surat kepada Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Sumadilaga untuk melakukan survei di IKN pada akhir November ini.

"Melalui survei ini, kami ingin bertukar pendapat secara aktif dengan Indonesia terkait pembangunan kota berkelanjutan di IKN," ujar Wakil Menteri Mizushima. (Asp)

Baca Juga:

Jokowi Siapkan IKN Nusantara jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036

#Jepang #IKN Nusantara #Pemindahan Ibu Kota #Ibu Kota
Bagikan
Bagikan