Jepang akan Kurangi Emisi Sebanyak 26 Persen di Tahun 2030 Emisi gas di Jepang (Screenshot The Guardian)

MerahPutih Internasional - Jepang, sebagai salah satu negara yang perindustriannya maju, berkomitmen mengurangi emisi sebanyak 26 persen, seperti diinfokan The Guardian. Komitmen ini dibuktikan dalam sebuah draf perencanaan yang diserahkan kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Hal ini disambut positif oleh PBB, mengingat komitmen Jepang dinilai lebih tinggi 2-5 persen dibandingkan Amerika Serikat yang berencana mengurangi emisi sebanyak 18-21 persen, sementara Uni Eropa sebanyak 24 persen.

Beberapa analis internasional menilai bahwa langkah yang diambil Jepang terlalu ambisius mengingat sektor industri merupakan penggerak ekonomi utama Jepang. Bidang otomotif Jepang yang tengah mengalami kenaikan signifikan dalam 2 dasawarsa terakhir, membuat sebagian pihak ragu akan sikap berani yang diambil Negeri Sakura itu.

Menanggapi berbagai kritik, pemerintah Jepang tetap percaya bahwa negaranya mampu mencapai target pengurangan emisi. Hal ini mengingat, Jepang menyumbang polusi sebanyak 56 persen dari total polusi yang disumbangkan oleh dunia. Sebuah langkah yang tidak dapat ditawar lagi apabila Jepang ingin tetap dinilai sebagai negara maju, sekaligus negara yang 'ramah lingkungan'.

Secara berkala, Jepang akan berusaha mengurangi emisi sebanyak 13 persen dalam tujuh tahun ke depan. Jika hasilnya menunjukkan dampak yang signifikan, tahun tahun sisanya Jepang akan mengurangi emisi sebanyak 13-15 persen sehingga genap tahun 2030 pengurangan emisi akan mencapai tepat 26 persen bahkan lebih.

 

BACA JUGA:

Bangunan Runtuh di New Delhi, 4 Orang Tewas

Sebuah Serangan Kelompok Bersenjata Bunuh 11 Tentara Aljazair

ISIS Klaim Serangan yang Menewaskan 5 Tentara Mesir

ISIS Eksekusi Mati Seorang Wartawan di Irak


Tags Artikel Ini

Adinda Nurrizki

LAINNYA DARI MERAH PUTIH