Jeniusnya Negara Jepang Selenggarakan Wisuda di Tengah Pandemi Wisuda dengan manfaatkan robot (Sumber: BBT)

SELURUH dunia kini sedang berjuang tak hanya untuk melawan virus corona tetapi mencari cara untuk melanjutkan hidup sehari-hari. Namun ada beberapa negara yang selangkah dua langkah di depan.

Jika Korea Selatan menunjukkan upaya yang brilian dalam mengendalikan persebaran virus dan merawat orang-orang yang terpapar virus, Jepang akan menjadi salah satu negara terdepan dalam mengelola krisis sehingga manusia tetap dapat menjalani kehidupan mereka secara normal.

Baca juga:

Amankan Lockdown di Tengah Pandemi Virus Corona, Tunisia Gunakan Robot Polisi

Robot Wisuda
Wisuda dengan robot (Sumber: BBT)

Semua orang tentu tahu bahwa Jepang dikenal mampu mengelola krisis dengan baik. Dengan seringnya bencana alam melanda negara tersebut, Jepang beradaptasi dengan cepat terhadap setiap krisis. Mereka selalu siap siaga, bertindak cepat, mengikuti instruksi pemerintah dan menyesuaikan gaya hidup dengan keadaan.

Pandemi corona yang juga melanda negara tersebut sekali lagi membuktikan betapa adaptif orang-orang Jepang. Salah satu sisi adaptif mereka yakni kala orang Jepang coba memecahkan masalah bagaimana membuat acara publik seperti wisuda bebas risiko corona.

Baca juga:

Bosan #DiRumahAja? Yuk Eksis Ikut Tantangan Lego Ini

ROBOT WISUDA
Wisuda manfaatkan robot (Sumber: BBT)

Business Breakthrough University, Jepang menemukan cara jenius untuk menyelenggarakan upacara wisuda tanpa harus ada siswa yang hadir secara fisiknya. Ketika para mahasiswa yang lulus tidak dapat menghadiri upacara secara langsung karena pandemi coronavirus, mereka memberdayakan bantuan teknologi untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Wisuda yang diselenggarakan di Hotel Grand Palace, Chiyoda, Tokyo tersebut menggunakan robot sebagai pengganti mahasiswa. Robot yang dikembangkan oleh ANA Holdings tersebut dilengkapi layar yang menampilkan wajah siswa yang lulus. Para siswa diminta untuk mengoperasikan kaki dan tangan robot dari jarak jauh sehingga memungkinkan robot-robot itu untuk menerima sertifikat kelulusan mereka.

Robot wisuda
Wisuda memanfaatkan aplikasi Zoom (Sumber: BBT)

Sementara lulusan lainnya berpartisipasi dalam upacara wisuda online melalui aplikasi Zoom dimana mereka dapat mengirim komentar dan berpartisipasi aktif secara online. Untuk memperkuat kesan wisuda, robot tersebut dilengkapi oleh toga wisuda. (Avia)

Baca juga:

Inspiratif! Mahasiswi Ini Buat Masker Khusus untuk Komunitas Tuli

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH